Buku KH Abdul Wahab Hasbullah Pendiri NU Dilaunching UNWAHA Jombang, Ungkap Strategi Perjuangan

Zainul Arifin
Buku KH Abdul Wahab Hasbullah Pendiri NU Dilaunching UNWAHA Jombang. Foto iNewsSurabaya/zainul

JOMBANG, iNewsSurabaya.id - Buku KH Abdul Wahab Hasbullah pendiri NU penggerak NKRI karya H Abdul Mun'im DZ dilaunching UNWAHA (Universitas KH Abdul Wahab Hasbullah) Jombang. Peluncuran buku itu dilaksanakan di aula kampus, Jl Garuda, Tambakrejo Tambakberas, Jombang, Sabtu (12/10/2024).

Hadir dalam peluncuran buku itu, putra dan putri almarhum KH Abdul Wahab Hasbullah, para kiai Pondok Pesantren Bahrul Ulum, akademisi, civitas akademika serta mahasiswa UNWAHA Jombang.

Buku itu mengisahkan sosok K.H. Abdul Wahab Hasbullah, seorang tokoh sejarah yang fenomenal dan seorang penggerak multi talenta. Dikenal sebagai ulama alim, yang memimpin Nahdlatul Ulama (NU), organisasi ulama terbesar di Indonesia.

Disebutkan dalam buku itu, Kiai Wahab tidak hanya berdakwah, tetapi juga memainkan peran penting di berbagai bidang. Ia adalah pejuang yang tangguh di medan perang, politisi yang piawai, diplomat ulung, seniman kreatif, advokat yang disegani, dan jurnalis yang mumpuni. Semua keahlian itu, dijalankan dan dialami dengan kesungguhan, demi membela masyarakat dan negara.

"Buku ini menceritakan ajaran Kiai Wahab, dengan segala background-nya, yakni pesantren, NU dan di politik. Di NU-nya itu ya di pesantren, kemudian politik pernah di DPR dan sebagainya," kata Mun'im seusai memberikan pemaparan buku itu di hadapan civitas akademika UNWAHA.

Dijelaskan bahwa Kiai Wahab begitu mendalam khidmahnya di NU, organisasi yang dipimpinnya, sehingga K.H. Saifuddin Zuhri menjuluki sebagai NU dalam praktik. Seluruh pikiran, sikap dan tindakan Kiai Wahab itu dipandang sebagai cerminan dari doktrin NU itu sendiri. Suatu kombinasi antara akhlak yang luhur, dedikasi yang tinggi, penuh keberanian karena dilandasi ikhlas.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network