Tingkatkan Kenyamanan, Dinas PUPR Jombang Genjot Pemeliharaan Jalan dengan Metode Baru

Zainul Arifin
Dinas PUPR Jombang Genjot Pemeliharaan Jalan dengan Metode Baru. Foto iNewsSurabaya/zainul

JOMBANG, iNewsSurabaya.id - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Jombang tak henti-hentinya berupaya memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jalan. Salah satu langkah nyatanya adalah pemeliharaan intensif sejumlah ruas jalan yang mengalami kerusakan, termasuk di pusat kota. Jalan K.H. Wahid Hasyim menjadi salah satu fokus perbaikan yang mulai dikerjakan sejak pekan lalu.

“Perbaikan ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk memastikan setiap pengguna jalan di Jombang bisa menikmati fasilitas yang aman dan nyaman,” ujar Kepala Dinas PUPR Jombang, Bayu Pancoroadi, Rabu (16/10/2024).

Bayu mengungkapkan bahwa pemeliharaan di Jalan K.H. Wahid Hasyim dilakukan selama tiga hari, yakni Jumat (11/10/2024), Sabtu (12/10/2024), dan Senin (14/10/2024). Tidak seperti sebelumnya yang hanya sekadar menambal lubang jalan, kali ini perbaikan menggunakan metode yang lebih modern dan efisien, yaitu cold milling atau pengupasan permukaan aspal yang diikuti dengan penghamparan ulang aspal hotmix.

“Perlakuan perbaikan pada jalan berlubang yang bergelombang ini berbeda. Kalau jalan berlubang hanya area kecil, tapi kalau bergelombang, itu cenderung lebih luas dan panjang, sehingga penanganannya butuh metode khusus,” jelas Bayu.

Metode cold milling ini menjadi andalan baru dalam perbaikan jalan karena memungkinkan pengupasan permukaan yang sudah rusak untuk digantikan dengan lapisan aspal baru. Proses ini dimulai dengan pengerukan jalan, sehingga menciptakan permukaan yang lebih rata dan siap untuk pengaspalan ulang.

"Mesin cold milling mampu menjaga konsistensi kedalaman pengupasan, memastikan setiap permukaan jalan yang rusak ditangani dengan presisi tinggi," lanjutnya.

Menurut Bayu, metode ini jauh lebih efisien dan cepat dibandingkan metode penambalan tradisional, selain itu, aspal hotmix yang digunakan memiliki daya tahan lebih baik dan mampu bertahan lebih lama di berbagai kondisi cuaca.

“Dengan menggunakan aspal hotmix, kualitas jalan yang diperbaiki akan lebih baik, lebih kuat, dan lebih awet dibandingkan menggunakan coldmix,” tambah Bayu.


Dinas PUPR Jombang Genjot Pemeliharaan Jalan dengan Metode Baru. Foto iNewsSurabaya/zainul

Selain perbaikan di Jalan Wahid Hasyim, Dinas PUPR juga telah melakukan pemeliharaan berkala di ruas Jalan Bedahlawak-Jatiwates, yang melintasi Desa Pulogedang. Proyek yang termasuk dalam P-APBD 2024 ini meliputi perkerasan jalan sepanjang 469 meter menggunakan aspal hotmix, memastikan setiap pengendara dapat melintasi jalan tersebut dengan nyaman.

Dengan beragam inovasi dan perbaikan yang terus dilakukan, Dinas PUPR Jombang berharap infrastruktur jalan di wilayah tersebut dapat semakin baik dan memenuhi kebutuhan masyarakat dalam beraktivitas sehari-hari.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network