Pendidikan Gratis Jadi Alat Politik? Ini Kritik dari Ketua Dewan Pendidikan Jatim

Saipul Yudi
Siswa SMK menunjukan ketrampilannya dalam praktek. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Ketua Dewan Pendidikan Jawa Timur, Prof. Warsono, menyoroti janji pendidikan gratis yang diusung oleh salah satu bakal calon Gubernur Jawa Timur. Menurutnya, pendidikan tidak seharusnya menjadi konsumsi politik, apalagi disamaratakan di semua daerah di Jawa Timur. Ia menegaskan bahwa setiap wilayah memiliki tantangan dan kebutuhan yang berbeda.

Seperti yang diketahui, pendidikan gratis menjadi salah satu janji politik yang digaungkan oleh bakal calon gubernur nomor urut 3, Tri Rismaharini dan Gus Hans. Jika terpilih, mereka berjanji akan menerapkan pendidikan gratis untuk jenjang SMA/SMK se-Jatim, seperti yang pernah dilakukan Risma saat menjabat sebagai Wali Kota Surabaya.

Namun, Prof. Warsono menilai program ini tidak bisa begitu saja dibandingkan antara tingkat kota dan provinsi. "Surabaya memang memiliki pendapatan asli daerah (PAD) yang tinggi, tapi provinsi ini mencakup 38 kabupaten/kota yang memiliki tantangan berbeda," ujar Warsono, Jumat (25/10).

Ia juga menegaskan bahwa Kota Surabaya tidak dapat dijadikan tolok ukur keberhasilan program pendidikan gratis di tingkat provinsi. 

“Jumlah penduduk Surabaya jauh lebih sedikit dibandingkan Jawa Timur secara keseluruhan, dan PAD-nya juga tidak bisa diukur secara sama. Jadi, tidak bisa dibandingkan begitu saja,” tambahnya.

Warsono juga menyoroti bahwa PAD yang tinggi di Surabaya memungkinkan kota tersebut mengalokasikan dana lebih besar untuk pendidikan. “Sementara itu, provinsi memiliki sektor lain yang juga membutuhkan perhatian, tidak hanya pendidikan,” jelasnya.

Lebih jauh, Prof. Warsono mengkritik penggunaan pendidikan sebagai alat politik dalam kampanye. Ia menilai, fokus utama seharusnya pada pendidikan yang berkualitas dan terjangkau, bukan sekadar gratis. 

"Pendidikan adalah hak, tapi pemerintah dan masyarakat juga harus berkolaborasi dalam pembiayaan. Anggaran pendidikan tidak cukup untuk menjamin mutu pendidikan yang tinggi jika semuanya digratiskan," katanya.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network