Balkondes Karangrejo, Homestay Unik Dekat Candi Borobudur

Ali Masduki
Warga melintas diarea Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di Desa Karangrejo Borobudur Magelang. (Foto: Ali Masduki)

MAGELANG, iNews.id - Kemajuan Desa Karangrejo menjadi perbincangan hangat. Salah satunya dengan adanya Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di Desa Karangrejo Borobudur Magelang. Homestay yang dikelola masyarakat setempat itu terbukti sukses mendukung program destinasi super prioritas pemerintah.

Bahkan, Balkondes Karangrejo sudah tersertifikasi yang membuktikan bahwa layanan homestay ini dapat diandalkan. 

Balkondes PGN Karangrejo memiliki layanan homestay yang terdiri atas 4 (empat) homestay family, 2 (dua) homestay couple, dan 4 (empat) room single. Selain itu, juga tersedia resto, meeting room dan weeding room.

Camat Borobudur, Subianto mengatakan, Balkondes PGN Karangrejo merupakan kerjasama masyarakat dan pemerintah desa. Keberadaannya diharapkan dapat menjadi panutan bagi 19 desa lainnya di Borobudur.

“Insyaallah tidak lama lagi, kami akan menjadi Kecamatan yang mandiri. Diawali dari desa yang mandiri secara anggaran. Desa Karangrejo merupakan salah satu desa di Borobudur yang memiliki kemandirian dari sisi anggaran, tidak hanya pada dana desa,” terangnya.

Masyarakat Desa Karangrejo juga diajak untuk aktif mengelola Balkondes. Seluruh keuntungan dari kegiatan wisata di Desa Karangrejo masuk ke pemerintah desa, sehingga memberikan dampak positif terhadap masyarakat sekitar.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network