SURABAYA, iNewsSurabaya.id – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 8 Surabaya resmi memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025 mulai pada Sabtu (1/2/2025). Gapeka terbaru ini menawarkan waktu tempuh perjalanan yang lebih singkat dibandingkan Gapeka 2023.
Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menjelaskan percepatan waktu tempuh ini berkat beberapa faktor. "Beroperasinya jalur ganda (double track), peningkatan prasarana seperti penggantian rel dan penerapan bantalan sintetis, serta sistem manajemen perjalanan kereta api yang lebih modern telah meningkatkan kecepatan operasional," ujarnya. Luqman juga menambahkan bahwa Gapeka 2025 mengedepankan aspek ramah lingkungan.
Di Daop 8 Surabaya, Gapeka 2025 memberikan dampak signifikan pada waktu tempuh 20 kereta api. Beberapa kereta api yang mengalami percepatan waktu tempuh antara lain KA Harina relasi Surabaya Pasarturi-Bandung (lebih cepat 50 menit), KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi-Gambir (lebih cepat 20 menit), dan KA Mutiara Timur relasi Surabaya Pasarturi-Ketapang (lebih cepat 20 menit).
Percepatan waktu tempuh juga dirasakan pada kereta api yang berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng dan Stasiun Malang, seperti KA Gayabaru Malam Selatan, KA Probowangi, KA Argo Semeru, KA Jayabaya, KA Majapahit, dan KA Brawijaya, dengan masing-masing mengalami pengurangan waktu tempuh hingga puluhan menit.
Daftar lengkap kereta api yang mengalami percepatan waktu tempuh dan detail selengkapnya dapat diakses melalui situs resmi KAI. Perubahan ini memberikan manfaat bagi para penumpang dengan waktu perjalanan yang lebih efisien.
Selain itu, KAI juga meningkatkan kecepatan operasional di beberapa lintas di wilayah Daop 8 Surabaya. Contohnya, lintas Surabaya Pasarturi - Lamongan yang meningkat dari 105 km/jam menjadi 110 km/jam, dan lintas Lamongan - Tobo dari 105 km/jam menjadi 120 km/jam.
Luqman Arif menambahkan bahwa beroperasinya jalur ganda (double track) pada lintas Sepanjang - Mojokerto juga berkontribusi pada percepatan waktu tempuh.
"Masyarakat yang membutuhkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service KAI di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai. id, atau media sosial KAI121," tutupnya.
Editor : Ali Masduki
Artikel Terkait