Putra Papua Lulus Untag Surabaya dengan Rp6,4 Juta, Ini Cara Bertahan Hidup Saat Merantau

Arif Ardliyanto
Oskar Ezra Alan Muin, mahasiswa prodi Teknik Sipil Untag Surabaya hanya menghabiskan Rp6,4 jura selama kuliah

Selama berkuliah, putra dari pasangan Irianto Agustinus dan Lidia Agustin ini ingin memanfaatkan kesempatan emas untuk aktif dalam berorganisasi selagi masih belajar di Ibu kota Jawa Timur. Oskar aktif terlibat dalam organisasi akademik maupun non akademik. “Awalnya saya menjadi anggota Divisi Multimedia, di tahun berikutnya terpilih menjadi Wakil Ketua Umum. Saya juga aktif berorganisasi di UKM Kristen dan Katolik (UK3) mulai 2019-2021, pada tahun terakhir saya terpilih menjadi ketua UK3,” sebutnya.

Oskar pun aktif dalam berkompetisi dan mengikuti kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. “Pertama, saya ikut pertukaran pelajar dengan tujuan Universitas Katolik Prahyangan, ITL Trisakti, dan Universitas Pembangunan Jaya. Lalu saya juga ikut Studi Independen di Microsoft selama enam bulan dan melakukan sertifikasi internasional Microsoft selama empat kali,” terangnya.

Oskar mengaku bersyukur bisa lulus dalam masa studi tujuh semester dengan IPK 3,86. “Bisa mengikuti wisuda offline merupakan suatu anugerah bagi saya karena sebelumnya harus kuliah online. Bahkan dalam dua tahun ini wisuda digelar secara online sehingga bagi saya euphoria wisudanya lebih terasa,” ungkapnya.

Dalam waktu dekat, Alumni SMA Negeri 1 Merauke akan kembali ke Papua untuk mengabdi. “Saya akan pulang ke Papua sambil merencanakan dan mempersiapkan untuk studi lanjut Magister. Jikalau bisa bekerja terlebih dahulu itu lebih baik, ilmu dan pengalaman saya akan diberikan untuk kemajuan daerah dan masyarakat disana,” katanya.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network