Indonesia Bakal Jadi Kiblat Fesyen Muslim Dunia, Ini yang Dilakukan Kemendag RI

Arif Ardliyanto
Wakil  Presiden  RI  KH  Ma’ruf  Amin dan Menteri Perdagangan  Muhammad  Lutfi sudah bertekat untuk mengawal Indonesia  sebagai kiblat  fesyen  muslim  dunia

JAKARTA, iNews.id – Indonesia diprediksi bakal menjadi kiblat fesyen muslim dunia. Fakta ini diketahui dari hasil pertemuan Wakil  Presiden  RI  KH  Ma’ruf  Amin dan Menteri Perdagangan  Muhammad  Lutfi yang sudah bertekat untuk mengawal Indonesia  sebagai kiblat  fesyen  muslim  dunia. 

Saat ini,  Kementerian Perdagangan berkomitmen memperkuat eksosistem industri halal melalui pengembangan fesyen muslim.  Salah satunya akan ditingkatkan penyelenggaraan Jakarta Muslim Fashion  Week  (JMFW). Hal  ini  disampaikan  Mendag  Lutfi  saat  Audensi  dengan Wakil  Presiden  RI Ma’ruf Amin pada Selasa (29/3) di Jakarta.

“Sesuai arahan Wakil Presiden RI, Indonesia diharapkan dapat menjadi kiblat fesyen muslim dunia. Secara global, konsumsi produk fesyen muslim dunia pada 2024 diprediksi mencapai USD  311  miliar.  Nilai  ini  akan  naik  dibandingkan  tahun  2019  yang  sebesar  USD  277  miliar.  Untuk itu, kami ingin menangkap dan menonjolkan potensi industri syariah Indonesia yang salah satunya adalah fesyen muslim,” kata Mendag Lutfi.

Dalam audiensi tersebut, turut hadir Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan KADIN Juan Permata Adoe, Wakil Ketua Komite Promosi Fesyen Muslim Indonesia, Anne Patricia Sutanto,Ketua Umum Asosiasi  Pertekstilan  Indonesia  (API)  Jemmy  Kartiwa,  Ketua  Panitia  HIPMI  Syariah  Ibnu  Riyanto, para desainer,  akademisi,  pelaku  usaha  kosmetika dan  Perwakilan  dari  Indonesia  Halal  Lifestyle Center Jetti R. Hadi.

Lutfi  menambahkan,  Pemerintah  berkomitmen  untuk  mewujudkan  Indonesia  menjadi kiblat  fesyen  muslim  dunia.  Sesuai  dengan Roadmap  Fashion Muslim  Indonesia,  JMFW  memiliki fokus strategi kegiatan selama 20222024. Pada 2022, fokus strateginya adalah penguatan merek. Tahun  2023  ditargetkan  untuk  penguatan  jaringan  dengan  terjun  langsung  dalam  peta  fesyen internasional. 

Kemudian  tahun  2024  ditargetkan  untuk  deklarasi  Indonesia  sebagai  pusat  fesyen muslim dunia.Sebagai   langkah   awal,  Kementerian   Perdagangan   telah   menancapkan   pilar   melalui   kegiatan Embracing  Jakarta  Fashion  Week  pada  2021.  Acara  inti  JMFW  diagendakan  untuk  dilaksanakan pada 2022 Oktober 2022 mendatang, bersamaandengan penyelenggaraan Trade Expo Indonesia 2022 di ICE BSD, Tangerang.

“Kegiatan JMFW diharapkan dapat memperkuat kompetensi sumber daya manusia, meningkatkan nilai  tambah  dan  daya  saing  produk  ekspor,  meningkatkan  akses  pasar,  meningkatkan  promosi digital, dan mengoptimalisasi peran perwakilan perdagangan,” ungkap Lutfi.

Kegiatan JMFW merupakan inisiasi Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag bekerja  sama  dengan  KADIN  Indonesia  dan  pemangku  kepentingan  terkait  seperti  perancang busana, merek fesyen, pelajar, perusahaan tekstil, merek kosmetik, merek aksesori fesyen, media dan pemerintah.

Lutfi menjelaskan tujuan JMFW sebagai upaya meningkatkan dan membangun kepedulian para  pemangku  kepentingan  serta  masyarakat  umum  tentang  potensi  fesyen  muslim  Indonesia. JMFW  juga  diharapkan  dapat  mempromosikan  Indonesia  sebagai  referensi  tren muslimfashion yang  menjadi  kiblat  fesyen  muslim  dunia.

“Melalui JMFW, kita dapat memperkuat brandingproduk  fesyen  muslim  Indonesia  dengan  keberagaman  produk  fesyen  muslim  yang  berkualitas sesuai dengan kebutuhan pasar ekspor,” pungkas Mendag Lutfi.

Untuk  fesyen  muslim,  Indonesia  berada  di  posisi  ke-5  sebagai  pasar  terbesar  dunia,  berada  di bawah  Iran,  Turki,  Arab  Saudi,  dan  Pakistan.  Di  sisi  lain,  Indonesia  merupakan  eksportir  produk fesyen  muslim  ke-18  dunia.  Eksportir  utama  produk  tersebut  adalah  Tiongkok,  Turki,  India,  Uni Emirat Arab, dan Bangladesh.

Populasi  muslim  Indonesia  tercatat  mencapai  231  juta.  Sementara  itu,  populasi  muslim  dunia sebesar  1,9  miliar  atau  setara  26  persen  total  populasi  dunia.  Dengan  jumlah  populasi  tersebut Mendag Lutfi optimistis, kebutuhan terhadap produk halal juga cukup besar.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network