Ikan di Sungai Ciwulan Terancam Punah, Ternyata Ini Penyebabnya!

Ali Masduki
Ecoton melakukan penelitian di Sungai Ciwulan dalam rangkaian Ekspedisi Sungai Nusantara di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. (Foto: Ecoton)

Untuk itu, pegiat lingkungan ini mendorong adanya pemulihan kualitas air. Koordinator Ekspedisi Sungai Nusantara, Amiruddin Muttaqin, mengatakan bahwa hal itu akan membawa dampak peningkatan mutu ekologis Ciwulan yang pada gilirannya akan menjadikan Ciwulan habitat yang sehat untuk perkembangbiakan ikan

"Kami mendorong Pemprov Jawa Barat untuk memulihkan kualitas air Ciwulan dengan mengendalikan sumber-sumber pencemaran industri batik skala rumah tangga, pengendalian sampah plastik dengan membangun TPS 3R di tiap desa yang dilalui Ciwulan dan pengendalian limbah domestic,” tegasnya.

Alumni UPN Jawa Timur ini juga mendorong lebih banyak pelibatan masyarakat dan komunitas untuk ikut berpartisipasi menjaga kelestarian Ciwulan. 

Data Ecotong menyebut, keberadaan sungai di Indonesia saat ini dalam kondisi rusak, 98% dalam kondisi tercemar. Padahal sungai-sungai di Indonesia dimanfaatkan sebagai bahan baku air minum, irigasi, budidaya perikanan dan fungsi ekologi sebagai habitat beragam jenis ikan. 

Memburuknya kualitas air sungai menyebabkan kepunahan beberapa jenis ikan. Indonesia merupakan negara di dunia yang memiliki laju kepunahan ikan tercepat kedua setelah philipina. 

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network