SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Menyambut momen Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (NARU) sejumlah operator telekomunikasi mulai getol melakukan antisipasi lonjakan trafik data.
Salah satunya adalah Telkomsel. Perusahaan telekomunikasi pelat merah itu telah mengoptimalkan jaringan 4G dan 5G di 49 Point of Interest (POI) atau titik keramaian.
Antara lain, pusat perbelanjaan, jalur mudik, bandara, pelabuhan, area residensial, dan rumah ibadah, serta melakukan pemantauan melalui sebanyak 6 Posko Siaga Network.
Telkomsel memprediksi, lonjakan trafik data selama periode NARU, banyak disumbang dari layanan video streaming, social media, dan online gaming.
Adapun jaringan 5G Telkomsel tetap tersedia di kota-kota prioritas, akan didukung dengan total lebih dari 241 BTS 5G di wilayah Jawa Timur pada akhir 2025, dan diperkuat dengan teknologi AI Autonomous Network.
“Agar pelanggan tetap nyaman menikmati konektivitas di rumah, kami juga berupaya menjaga kualitas layanan internet rumah, di antaranya melalui modernisasi perangkat dan perbaikan proaktif,” kata General Manager Region Network Operations and Productivity Jawa Timur Telkomsel, Hersetyo Pramono, Rabu (17/12/2025).
Untuk memberikan kemudahan akses layanan, kata dia, Telkomsel telah menyiapkan berbagai produknya. Mulai dari layanan migrasi kartu SIM/eSIM, bantuan layanan MyTelkomsel,
sampai dengan penukaran Telkomsel POIN, melalui 1 Posko Utama (Flagship), 3 Posko Regular, dan 11 Posko Mandiri di berbagai lokasi strategis. “Selain itu, layanan Telkomsel dapat ditemukan di 49 titik keramaian yang jaringannya telah dioptimalkan,” terangnya.
Selain itu Telkomsel juga berkolaborasi dengan Posko Danantara yang berlokasi di Rest Area Tol Malang Pandaan KM 66A dan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dengan menghadirkan akses gratis WiFi melalui layanan IndiHome.
GM Mobile Consumer Business Region Jawa Timur Telkomsel, Andri Kurniawan memastikan, pelanggan dapat dengan mudah mengakses layanan Telkomsel selama momen spesial di periode Natal dan Tahun Baru serta masa liburan mendatang. “Baik di Posko, GraPARI, digital channel, ataupun berbagai titik layanan lainnya. Seluruh tim kami siaga untuk melayani,” jelasnya.
Sementara itu, PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk memprediksi akan terjadi peningkatan trafik selama periode Natal dan Tahun Baru 2026 hingga 30 persen dibandingkan dengan rata-rata pada kondisi normal atau hari biasa.
Lonjakan ini diprediksi karena adanya antusiasme masyarakat untuk pergi berlibur, ataupun melakukan perjalanan mudik Nataru, serta meningkatnya penggunaan layanan digital yang berkapasitas besar.
Direktur & Chief Technology Officer XLSMART, Shurish Subbramaniam memastikan jaringan XLSMART siap sepenuhnya. Persiapan tidak hanya mencakup layanan pelanggan, tapi juga mempersiapkan jaringan dengan kapasitas yang lebih besar dari hari biasa. “Ini untuk memastikan kenyamanan bagi pelanggan meskipun terjadi lonjakan trafik yang signifikan," katanya.
Editor : Arif Ardliyanto
Artikel Terkait
