SURABAYA, iNews.id - Berkah di bulan suci Ramadan 2022, PT Heinz ABC Indonesia (ABC) kembali menghadirkan gerakan kemanusiaan Ramadan-nya yang ikonik.
ABC mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memperluas semangat berbagi kebaikan dengan menginisiasikan #SatuResepSeratusKebaikan. Ini merupakan tahun ketiga gelaran program sosial ABC.
Melalui gerakan ini, ABC memberi kesempatan bagi konsumen dan masyarakat untuk berbagi resep Ramadan spesial keluarga mereka secara digital dan di saat yang sama ikut berbagi, di mana setiap 1 resep akan dikonversikan menjadi 100 paket donasi Ramadan bagi mereka yang membutuhkan.
Sr. Manager Corporate Affairs Kraft Heinz Indonesia & Papua Nugini, Andrew Hallatu mengatakan, #SatuResepSeratusKebaikan hadir dengan misi untuk membangkitkan serta memperluas momen kebersamaan dan kebaikan Ramadan yang tak terlupakan.
Masyarakat juga bisa ikut terlibat dalam gerakan ini dengan membagikan resep mereka melalui microsite www.abcindonesia.co.id/ramadan dan bergabung dalam gerakan ini mulai 31 Maret hingga 24 April 2022.
Melalui gerakan #SatuResepSeratusKebaikan, kata Andrew, ABC berkomitmen untuk menyalurkan total 120.000 paket donasi Ramadan bagi keluarga pemulung, kaum dhuafa, dan masyarakat yang membutuhkan lainnya di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.
"Dan untuk wilayah Jawa Timur, setidaknya akan ada 18.000 paket donasi yang disalurkan selama bulan Ramadan ini," katanya saat press conference di Surabaya, Senin (11/4/2022).
Dikatakan Andrew, ABC membawa misi'Proudly Make Delightful Food Available for Every Indonesian Family’, dan selama lebih dari 40 tahun, khususnya di momen Ramadan, produk-produk ABC selalu menambah kegembiraan di tengah keluarga.
"Ramadan erat dengan makna kebersamaan dan kebaikan. Dan tahun ini kami mengajak kita semua untuk memperdalam nilai-nilai tersebut, tidak hanya bersama keluarga terdekat, namun juga menghadirkan momen spesial bagi saudara-saudari kita yang membutuhkan. Inilah yang membuat Ramadan menjadi momen yang semakin tak terlupakan di hati," ujarnya.
Secara nasional, hingga saat ini sudah tersalur sebanyak 50.000 paket donasi dari total 120.000 paket yang akan disalurkan selama Ramadan.
Brand Manager Easy Meals Kraft Heinz Indonesia, Olivia M. Tjiptoputri menambahkan, Ramadan identik dengan kehadiran berbagai resep spesial keluarga, yang mewarnai momen-momen kebersamaan di tengah keluarga.
Dengan semangat yang sama, pihaknya ingin mengajak masyarakat untuk berbagi resep Ramadan spesial mereka dan menginspirasi keluarga Indonesia lainnya, sekaligus ikut dalam gerakan #SatuResepSeratusKebaikan.
"Setiap resep ini nantinya akan dikonversikan menjadi paket donasi Ramadan bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan. Paket donasi akan berisi produk-produk favorit ABC, seperti Kecap ABC, Saus Sambal ABC, dan Sarden ABC, ditambah dengan beberapa sayuran pendukung yang disertai beberapa panduan memasak. Semua ini ditujukan agar para penerima donasi nantinya juga dapat menciptakan momen spesial bersama keluarga mereka di bulan yang penuh rahmat ini," terangnya.
Dalam implementasinya, tahun ini ABC melibatkan beberapa mitra kolaborasi, termasuk FoodCycle Indonesia, Sayurbox, Ikatan Pemulung Indonesia (IPI), beberapa organisasi sosial kemasyarakatan serta para mitra retailer.
Khusus di wilayah Jawa Timur, juga menggandeng Yayasan GUSDURian Peduli untuk ikut menyalurkan paket donasi.
General Manager FoodCycle Indonesia, Cogito Ergo Sumadi Rasan menjelaskan, pihaknya akan menjadi mitra pelaksana dalam mengoordinasikan pendistribusian keseluruhan 120.000 paket donasi ini selama satu bulan ke-depan.
Dalam membantu proses distribusi ini, FoodCycle Indonesia turut menggandeng 20 mitra lokal atau front line organizations, yang akan ikut mengawasi pelaksanaan di lapangan agar tepat sasaran.
"Sebagian besar donasi akan didistribusikan bagi keluarga pemulung, sementara lainnya untuk masyarakat ekonomi rentan dan kaum dhuafa. 16.500 paket donasi akan di distribusikan di Jawa Barat, 61.500 paket di Jabodetabek, 20.000 paket di Jawa Tengah, 18.000 paket di Jawa Timur dan 4.000 paket di wilayah Bali," ujarnya.
City Manager Sayurbox Surabaya, Dini Try Mart mengungkapkan, sebagai bagian dari mitra pendukung gerakan #SatuResepSeratusKebaikan, pihaknya juga berbagi semangat yang sama untuk berkolaborasi menyebarkan kebaikan.
"Sebagai platform e-grocery, Sayurbox turut menyediakan bahan-bahan sayur pendukung yang akan diikutsertakan dalam paket donasi tahun ini," ungkapnya.
Yuska Harimurti selaku Ketua 1 Yayasan GUSDURian Peduli menambahkan, pihaknya menyambut baik langkah ABC dalam program kebaikan ini, dan diharapkan bisa menginspirasi pengusaha atau perusahaan yang lain dalam membantu maayarakat kurag beruntung.
"Di Jatim kami sudah ada di 18 kota dan nantinya donasi Gerakan #SatuResepSeratusKebaikan ini akan disalurkan ke para pejuang hidup yakni para pemulung dan tukang becak," ujarnya.
Gerakan #SatuResepSeratusKebaikan akan disertai dengan serangkaian kegiatan komunikasi di berbagai channel, termasuk microsite, media sosial serta TV.
Alfamart, sebagai salah satu mitra retailer ABC juga akan mendukung komunikasi gerakan ini melalui jaringan toko Alfamart yang tersebar di seluruh Indonesia.
Editor : Ali Masduki
Artikel Terkait