Setelah Proklamasi Puan Ungkap Bung Karno Lebih Dulu Hadirkan PMI Sebelum Perangkat Negara Lainnya

Wahab Firmansyah
Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: IG@puanmaharani)

JAKARTA, iNews.id - Ketua DPR Puan Maharani mengungkapkan betapa besarnya kehadiran Palang Merah Indonesia (PMI) membantu perjuangan Indonesia di masa perang kemerdekaan. 

Begitu besarnya jasa PMI, membuat  Presiden Republik Indonesia Pertama, Ir. Soekarno sengaja mendahulukan pendirian PMI sebelum perangkat negara lainnya dibentuk setelah proklamasi kemerdekaan dikumandangkan.

Hal ini disampaikan Puan terkait Hari Palang Merah Internasional yang jatuh tiap 8 Mei. Puan menegaskan bahwa peran serta para relawan sangat penting bagi kemanusiaan. 

"Terimakasih kepada para relawan yang sudah bekerja keras untuk kemanusiaan, baik yang ada di Palang Merah Indonesia (PMI) maupun organisasi kemanusiaan lainnya," kata Puan, Minggu (8/5/2022). 

Puan pun menegaskan, negara harus terus hadir dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip perikemanusiaan. Sebab, hanya dengan dukungan dari negara lah gerakan-gerakan kemanusiaan bisa terus eksis untuk membantu sesama. 

Hal itu juga sesuai dengan tema hari Palang Merah Internasional 2022 yang mengusung tagar #BeHumanKIND. 

"Tema itu sebagai ajakan untuk meningkatkan rasa kemanusiaan terhadap sesama. Tak peduli seberapa besar atau kecilnya tindakan kita, aktivitas kemanusiaan tentunya akan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia," kata Ketua DPP PDI-P ini. 

Puan lalu kembali mengingatkan lagi rekam sejarah kehadiran PMI bagi berdirinya bangsa Indonesia. 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network