Danamon dan Adira Finance Didukung MUFG, Dukung Perkembangan Ekosistem Industri Otomotif Jawa Timur

Ali Masduki
Eka Dinata, Regional Head, PT Bank Danamon Indonesia, Tbk (Foto: iNewsSurabaya)

SURABAYA, iNews.idIndustri otomotif merupakan salah satu kontributor terbesar ekonomi nasional. Meski sempat melambat ketika pandemi Covid-19, pada 2021 sektor ini berhasil bangkit dengan pertumbuhan 17,82 persen.

Penyerapan tenaga kerja nasional sebanyak 1,5 juta di sepanjang mata rantai nilai (value supply chain) industri, dan kontribusi produk domestik bruto (PDB) sektor nonmigas dengan nilai investasi sebesar Rp71,35 triliun.  

Sederet kontribusi industri otomotif inilah yang kemudian membuat pemerintah memberikan dukungan melalui berbagai kebijakan seperti kebijakan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) yang lebih detail. 

Hal ini tentunya disambut baik oleh pelaku sektor otomotif, termasuk Dyandra Promosindo selaku penyelenggara salah satu perhelatan otomotif terbesar, Indonesia International Motor Show (IIMS). 

IIMS Hybrid 2022 dianggap sebagai milestone kebangkitan industri otomotif dan pemulihan ekonomi Indonesia. Perhelatan ini mengintegrasikan seluruh ekosistem industri otomotif di Indonesia, dan berkontribusi pada inisiatif pemerintah Indonesia untuk pertumbuhan ekonomi nasional.

Lebih dari sekadar ajang pameran dan transaksi, IIMS juga memiliki tujuan untuk berkontribusi pada pertumbuhan Industri Pariwisata Indonesia, khususnya Meetings, Incentives, Conferences and Exhibitions (MICE) dan Industri Ekonomi Kreatif khususnya di industri otomotif. 

Ajang tersebut juga merupakan ruang besar yang mengintegrasikan segala hal, mulai dari kepentingan bisnis, industri, hiburan, pendidikan, hingga aspek sosial.

Oleh karena itu, selain mengadakan pameran kendaraan dari para APM dan exhibitor lainnya, IIMS Hybrid 2022 yang diadakan di Grand City Convex, Surabaya, juga memiliki program promosi yang dikemas dengan nuansa pariwisata dan edukasi kepada generasi milenial. 

Melalui kegiatan test drive bertajuk Drive to IIMS Surabaya 2022 dari Jakarta ke Surabaya, yang dimaksudkan sebagai sumber pengaplikasian edukasi mengenai otomotif serta keselamatan berkendara sebelum perhelatan dimulai. IIMS Surabaya sendiri telah diselenggarakan sejak tahun 2010.

IIMS sebagai salah satu event penggerak industri otomotif sebelumnya telah sukses menyelenggarakan IIMS Hybrid 2022 di Jakarta pada tanggal 31 Maret hingga 10 April 2022. Perhelatan ini mendapat respons positif baik dari industri maupun para pecinta otomotif terhadap berbagai produk dan program spesial yang ditawarkan. 

Setelah memberikan dukungan kepada IIMS Hybrid 2022 di Jakarta, Danamon bersama Adira Finance didukung oleh MUFG sebagai satu grup, melanjutkan dukungannya pada IIMS dengan mengambil bagian dalam IIMS Surabaya Hybrid 2022.

Sebagai official bank partner dan official multifinance partner, keberadaan Danamon bersama Adira Finance bertujuan untuk mendukung berbagai program pemerintah sebagai stimulus untuk mengangkat pertumbuhan industri otomotif dan industri pariwisata. 

Sekaligus untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional secara umum dan Jawa Timur secara khusus, selaras dengan visi Danamon yaitu peduli dan membantu jutaan orang mencapai kesejahteraan. 

Sebagai entitas lembaga keuangan yang berkomitmen pada pertumbuhan ekosistem industri otomotif nasional, Danamon bersama Adira Finance didukung oleh MUFG juga memanfaatkan nilai unik dan inklusif dari penyelenggaraan IIMS Surabaya Hybrid 2022 ini. 

“Kami sangat percaya bahwa efisiensi sebuah ekosistem akan meningkat dengan adanya sistem pendukung financial supply chain yang terintegrasi end-to-end. Dan kami berkomitmen untuk mendukung program pemulihan ekonomi pemerintah Indonesia guna membentuk masa depan negara yang lebih cerah,” ungkap Eka Dinata, Regional Head, PT Bank Danamon Indonesia, Tbk.

Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya memiliki arti penting dalam ekosistem industri otomotif Indonesia,

Dimana Provinsi Jawa Timur berhasil mencatatkan total penjualan kendaraan sebesar lebih dari 20 juta unit pada tahun 2021. Dari angka tersebut, jenis kendaraan sepeda motor menyumbang 88% dari total penjualan, sedangkan mobil sebesar 9%, truk sebesar 3%, dan bus sebesar 0% . 

“Oleh karena itu, kami menyadari bahwa Surabaya pada khususnya dan Jawa Timur pada umumnya memiliki potensi yang sangat luas, dan kami berharap untuk dapat terus memainkan peran kunci dan memberikan kontribusi proaktif untuk pengembangan pada seluruh ekosistem industri otomotif di wilayah ini,” tegas Eka Dinata.

Surabaya juga merupakan kota yang penting bagi Danamon, dengan 41 kantor cabang, lebih dari 180.000 jumlah nasabah keseluruhan di Jawa Timur, di mana lebih dari 100.000 di antaranya berada di Surabaya. 

Lebih jauh, 0,62% dari jumlah nasabah merupakan perusahaan yang bergerak di bidang otomotif (manufaktur, dealership, bengkel, atau aftermarket). 

“Hal ini membuat kami optimis gelaran IIMS Surabaya 2022 ini akan mendapatkan sambutan positif dari masyarakat. Dengan mengoptimalkan hubungan dengan MUFG dan Adira Finance, Danamon dapat memberikan solusi keuangan yang komprehensif di seluruh segmen dan rantai nilai (financial supply chain) ekosistem industri otomotif,” tambah Eka Dinata.

Sebagai informasi, pada penyelenggaraan IIMS Hybrid 2022 di Jakarta beberapa waktu lalu, grup mencatat pencapaian yang menggembirakan. Yakni mencatatkan penyaluran pembiayaan kendaraan bermotor (KPM Prima) Adira Finance sebanyak 2.000 unit kendaraan roda empat dengan nilai kurang lebih Rp300 miliar. 

Danamon juga bekerja sama dengan pengembang properti untuk menghasilkan permohonan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) senilai kurang lebih Rp100 miliar, ditambah lebih dari 3.000 permohonan baru untuk rekening tabungan dan kartu kredit.

“Pada IIMS Surabaya ini, kami ingin pengunjung dan nasabah mengetahui bahwa Danamon dapat memberikan solusi keuangan yang komprehensif bagi mereka," kata Eka.

Hal ini sejalan dengan komitmen Danamon untuk mengembangkan organisasi yang customer-centric, untuk mewujudkan brand promise memberikan solusi keuangan agar nasabah dapat memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan keuangan. 

"Oleh karena itu, kami juga akan menawarkan produk lainnya seperti Kredit Pemilikan Rumah, Kartu Kredit, Tabungan, dan D-Bank PRO sebagai aplikasi mobile banking dan solusi digital terintegrasi kami,” tutup Eka Dinata. 

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network