Globalisasi atau Glokalisasi? Pendidikan Tinggi Berbasis Agama Jawa Timur

OPINI
Zuni Eka Tiyas Rifayanti

Akan tetapi pemerintah juga memberikan dana hibah dapat dicontohkan yaitu dana hibah penelitian dan pengabdian, dimana para dosen di perguruan tinggi baik negeri dan swasta diberikan kesempatan yang sama untuk melakukan pengusulan proposal hibah dan di sesuaikan dengna klaster perguruan tinggi masing masing. Diharapkan dengan adanya dana hibah tersebut mampu memberikan motivasi dan support anggaran untuk menuju kompetensi SDM PT yang sejahtera. PT di Indonesia sudah banyak yang menjadikan PT nya sebagai PT berbasis reaset hal ini dilakukan salah satunya untuk meningkatkan klaster perguruan tinggi tersebut.

Data Knowledge  Economic  Index yang  dikeluarkan  oleh  Bank  Dunia,  Misalnya, Indonesia  menempati  peringkat  91  (dari  137  Negara)  dan  termasuk  berada  pada kelompok    Negara  yang    tidak    memperlihatkan    kemajuan    sejak    tahun    1995. Sementara  itu,  data  yang  dikeluarkan Global  Economic  Forum, Indonesia  menempati urutan  54  dari  131  negara Dampak  globalisasi  bersifat  multidimensional;  hal   ini  juga  terasa  dalam bidang  pendidikan  terutama  pendidikan  tinggi  yang  secara  langsung  berinteraksi dengan  komunitas  internasional.  

Secara  spesifik,  globalisasi  mendorong  terjadinya perubahan  peran  institusi  pendidikan  tinggi.  Peran  sebagai  institusi  pembelajaran tradisional   tidak   dapat   dipertahankan   lagi   dan   perlu   diubah  menjadi   institusi pencipta  pengetahuan.  Sementara  itu,  perencanaan  yang  dibuat  secara  acak  (by accident)  harus  diubah  menjadi  perencanaan  strategis  (by  design).  Ditinjau  dari  sudut tantangan    maka    pendekatan    komparatif    harus    diubah    menjadi    pendekatan kompetitif.

Pendidikan Tinggi  di Indonesia  saat  ini diselenggarakan  oleh  lebih  dari  4252  PT,  yang  meliputi  Universitas  (538),  Institut (128), Sekolah Tinggi (2240), Politehnik (241), Akademi (1105). 2 Secara keseluruhan, PT tersebut menampung 4.987.7403. pada tulisan kali ini merujuk dari perkembangan dampak globalisasi bagi PT berbasis agama hal hal apa yang tetap di pertahankan untuk menerapkan glokalisasi yang ada pada PT tersebut. 

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network