get app
inews
Aa Read Next : Usai Plh Gubernur Jatim Salah Sebut Sila Kelima Pancasila, Konten Youtube Harkitnas 2024 Lenyap?

Penggunaan Digital Perlu Berlandaskan Nilai Pancasila

Senin, 20 Juni 2022 | 21:42 WIB
header img
Pembangunan wawasan kebangsaan, nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari menjadi budaya dalam bermedia digital.

SURABAYA, iNews.id - Pembangunan wawasan kebangsaan, nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari menjadi budaya dalam bermedia digital. Hal itu dibutuhkan supaya generasi muda tidak terjerumus dalam penggunaan digital yang terus berkembang.

Pakar Komunikasi Digital, Dr. Meithiana Indrasari, ST., MM saat menjadi narasumber webinar dengan tema "Gerakan Nasional Literasi Digital" yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Senin(20/6/2022) meminta bijak untuk bermedia sosial.

"Budaya bermedia digital yang merupakan kemampuan individu dalam membaca, menguraikan, membiasakan, memeriksa, dan membangun wawasan kebangsaan, nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Menurut dia, pengetahuan dasar akan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika harus tetap sebagai landasan kecakapan digital dalam kehidupan berbudaya, berbangsa, dan bernegara. Menjadikan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai landasan kecakapan digital dan mewujudkan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai panduan karakter dalam beraktivitas di ruang digital.

"Nilai-nilai Pancasila dalam ruang digital, seperti contoh pada sila pertama terkandung nilai utamanya adalah cinta kasih, saling menghormati perbedaan kepercayaan di ruang digital. Dan pada sila kedua nilai utamanya adalah kesetaraan, memperlakukan orang lain dengan adil dan manusiawi di ruang digital," ungkapnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut