Elektabilitas Tak Kunjung Naik, PDI Perjuangan Nekat Tunjuk Puan Calon Presiden 2024

Arif Ardliyanto
.
Kamis, 30 Juni 2022 | 19:20 WIB
Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan terus bermanuver menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) RI 2024

JAKARTA, iNews.id - Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan terus bermanuver menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) RI 2024. PDI Perjuangan tetap yakin akan menunjuk Puan Maharani sebagai calon Presiden RI, meksi elektabilitas naik terlalu signifikan.

Politikus PDI Perjuangan Effendi Simbolon mengatakan partainya akan berkoalisi dengan partai politik (parpol) lain di Pilpres 2024. Dirinya pun berharap, Ketua DPR Puan Maharani yang disiapkan PDI Perjuangan untuk maju ke Pilpres 2024. “Enggak lah. Pasti koalisi. Cuma Insya Allah calonnya Ibu Puan. Ya, kami coba pokoknya ikhtiar (berusaha),” kata Effendi Simbolon kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Soal ada elite PDI Perjuangan yang menyebut tiga nama yang masuk kriteria Capres, Effendi Simbolon memastikan hanya satu nama yakni Puan Maharani. “Enggak lah (Ganjar dan Risma). Satu (Puan),” tegas Effendi.

Menurutnya, hal itu berlaku hingga nanti Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memutuskan siapa yang menjadi capres.n“Enggak ada lagi nama lain. Bahwa nanti (Puan) dicalonkan dengan siapa, itu kapan waktunya, itu Ibu. Cuma pascarakernas cuma Puan,” ungkapnya.

Soal kapan waktunya, Effendi mengaku tidak tahu. Dia yakin bahwa tidak akan diumumkan di menit-menit akhir. “Enggak lah. Kita kan butuh dukungan dari lain, enggak sempet itu lah,” tuturnya.

Dia pun mengatakan Partai Gerindra berpeluang menjadi mitra koalisi PDIP di Pilpres 2024. “Kan, sama Gerindra memungkinkan. Sama partai yang lain juga memungkinkan,” ungkapnya.

Editor : Arif Ardliyanto
Bagikan Artikel Ini