Logo Network
Network

Warga Jawa Timur Jangan Panik! Beli Pertalite dan Solar Gak Harus Pakai MyPertamina, Bisa Uang Tunai

Ali Masduki
.
Kamis, 30 Juni 2022 | 20:00 WIB
Warga Jawa Timur Jangan Panik! Beli Pertalite dan Solar Gak Harus Pakai MyPertamina, Bisa Uang Tunai
Petugas melayani pembelian BBM di salah satu SPBU Surabaya. (Foto: Ali Masduki)

SURABAYA, iNews.id - Penerapan mekanisme baru pembelian BBB subsidi Pertalite dan Bio Solar rupanya membuat sebagian masyarakat panik. Termasuk di Jawa Timur. Sejumlah SPBU yang biasanya landai, tiba-tiba terjadi antrean.

Padahal, pendaftaran BBM subsidi lewat website MyPertamina yang dimulai pada 1 Juli 2022 itu khusus untuk kendaraan roda empat. Di Jawa Timur sendiri, mekanisme baru tersebut belum diterapkan.

BACA JUGA:

Cara Mendaftar MyPertamina Agar Bisa Beli BBM Subsidi

Section Head Communication & Relations Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus, Arya Yusa Dwicandra menuturkan pendaftaran MyPertamina hanya dilakukan melalui 11 kota dan kabupaten yang sudah dipilih.

Rencana lokasi awal akan di lakukan di beberapa  kota dan kabupaten antara lain adalah Kota Padang Panjang, Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, Kota Bandung, Kota Sukabumi, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjarmasin, Kota Yogyakarta, dan Manado. 

Arya menegaskan, bahwa MyPertamina bukan dijadikan alat untuk pembayaran. Terkait pendaftaran, hanya berlaku bagi pengguna kendaraan roda 4 keatas. 

"Jadi bukan melakukan pembayaran melalui MyPertamina, tapi mendaftarkan melalui subsiditepat.mypertamina.id atau melalui aplikasi MyPertamina," tegasnnya.

Ia mengingatkan, warga Jawa Timur tidak perlu panik karena mekanisme ini belum diberlakukan di wilayah Jawa Timur. 

Selain itu, meskipun sudah mendaftar dan mendapatkan QR Code, pembayaran masih bebas tidak harus menggunakan MyPertamina.

"Cara pembayaranya bebas. Mau pakai MyPertamina atau uang tunai bisa. Hanya saja konsumen yang akan membeli Bio Solar dan Pertalite diharapkan mendaftar terlebih dahulu melalui website atau aplikasi," ujarnya.

Jika uji coba nantinya diberlakukan di Jawa Timur, Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus akan memberikan informasi resmi.
 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Bagikan Artikel Ini