get app
inews
Aa Read Next : 2023 Korea Medical Tourism Festival Hadir di Surabaya

Wisata Medis ke Malaysia, Sunway Medical Centre Bisa Jadi Pilihan

Minggu, 03 Juli 2022 | 20:32 WIB
header img
SunMed Malaysia hadir di Malaysia Healthcare Expo 2022 di Atrium Tunjungan Plaza Surabaya. (Foto: Ali)

SURABAYA, iNews.id - Istilah Wisata Medis akhir-akhir ini semakin populer. Wisata Medis sendiri merupakan perjalanan ke luar kota atau dari luar negeri untuk memperoleh pemeriksaan, tindakan medis, atau pemeriksaan kesehatan lainnya di rumah sakit.

Negara yang kerap jadi tujuan wisata medis dari semua negara dunia, termasuk Indonesia adalah Malaysia. Salah satu faktor dipilihnya negeri jiran itu karena pelayanan dan teknologi kesehatannya bisa menjawab kebutuhan pasien.

Seperti Rumah Sakit Sunway Medical Centre (SunMed) di Kuala Lumpur. SunMed menjadi rumah sakit regional tersier dan kuarter satu atap asal Malaysia yang menjadi tujuan wisata medis. 

Rumah sakit yang terletak di Sunway City, kota Selangor ini berkomitmen menjadi salah satu rujukan untuk wisata medis bagi pasien internasional, khususnya kanker.

Assistant Director International Business Development Sunway Healthcare, Faith Tang mengatakan Sunway Medical Centre (SunMed) Malaysia adalah Rumah Sakit (RS) terlengkap dan terbesar dengan teknologi terkini menawarkan perawatan komprehensif bagi turis medis.

SunMed Malaysia, kata dia, menjadi solusi medis dan bedah terlengkap, terbesar dengan teknologi terkini untuk mencapai keunggulan klinis. Sehingga, menjadi tujuan wisata medis semua negara termasuk Indonesia.

“Terlebih lagi, SunMed Malaysia membuat sejarah dengan menjadi RS pertama di Malaysia yang melakukan Robotic total hip dan melakukan operasi Robotic Arthoplasty dengan jumah terbanyak hingga 200 kasus sejak Juli 2021,” ucap Faith Tang, usai mengunjungi booth SunMed di pameran Malaysia Healthcare Expo 2022 di Surabaya, Sabtu, (02/7/22).

Faith Tang melanjutkan, SunMed telah memiliki Sunway Cancer Centre yang menjadi One-Stop Pusat Kanker Tingkat Lanjut. Sehingga, bisa menjadi solusi terbaik dalam menangani pengobatan kanker.

SunMed Malaysia memiliki alat terlengkap dengan teknologi terkini untuk penanganan kanker. 

Diantaranya, Radixact-X9 Tomotherapy yaitu terapi radiasi dengan panduan gambar untuk kanker prostat, ginekologi, kepala dan leher. 

Kedua, Varian TrueBeam STx Technology yaitu pengobatan radioterapi untuk paru paru, payudara, kepala dan leher, perut dan bagian lainnya. 

Ketiga, PET/CT Scanner yaitu kombinasi CT dan PET scan yang memberikan informasi rinci tentang kanker. 
Keempat, Gamma Knife ICON Radiosurgery yaitu perawatan radiasi tingkat lanjut noninvasif untuk tumor otak dan kondisi neorologis.

Sedangkan, kelima Da Vinci Robotics Surgical System yaitu operasi invasif minimal yang mendukung oleh teknologi robot. 

Keenam Intraoperative Radiation Therapy (IORT) yaitu pengobatan yang ditargetkan untuk kanker payudara stadium awal. Terakhir, adalah Brachytherapy  yaitu pengobatan “Gold Standard” untuk kanker ginekologi.

Sebagai Rumah Sakit Internasional terlengkap dan terbesar dengan teknologi terkini didukung dengan 29 pusat keunggulan, 616 tempat tidur, lebih dari 300 spesialis, 60 spesialisasi medis, SunMed Malaysia konsisten terus memaksimalkan pelayanan terbaik dan memberikan kemudahan bagi pasien khususnya dari Indonesia.

“Terlebih lagi, SunMed  telah dinobatkan sebagai “Stand-Out Jury Award for Best Hospital of the Year in Asia-Pacific 2021” dan sebagai “Medical Tourism Hospital of the Year di Asia-Pasifik” pada APAC Healthcare & Medical Tourism Awards 2018, 2019 dan 2020,” kata Faith Tang.

Selain itu, apabila orang Indonesia berobat di SunMed Malaysi tidak susah mencari makanan halal dan hotel yang murah. Karena, lokasi SunMed Malaysia sangat strategis dengan fasilitas umum, restoran, hotel, apartemen dan pusat perbelanjaan.

Perlu diketahui, sebagai rumah sakit kuarter, SunMed terkenal dalam perawatan kanker, hematologi, terapi radionuklida bertarget, operasi berbantuan robotic, transplantasi tulang sumsum, kidney transplant, paediatric cardiac surgery, ortopedi, gastroenterologi, neurologi dan bedah saraf, jantung dan pembuluh darah, khusus pada wanita dan anak-anak.

Apalagi, Sunway Medical Centre adalah rumah sakit pertama di Malaysia yang meraih Sertifikasi Kesesuaian COVID-19 GHA untuk para turis  medis (GHA’s COVID-19 Certification of Conformance for Medical Travelers).

Selama pameran Malaysia Healthcare Expo 2022 di Atrium Tunjungan Plaza Surabaya, SunMed Malaysia juga meluncurkan beberapa inisiatif seperti  beli satu gratis satu skrining, gratis pemeriksaan mata (dengan syarat dan ketentuan), paket skrining kanker untuk mendorong orang melakukan pemeriksaan awal dan lengkap.

Sunway Medical Centre PIC Representative Office di Surabaya, Jenny Sativa menambahkan, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lengkap tentang paket screening, paket radioterapi dan paket wisata medis bisa menghubungi perwakilan Sunway Medical Centre di Surabaya di 0823.2382.3232 atau 0851.7208.0841

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut