get app
inews
Aa Read Next : LB Benny Moerdani, Sosok di Balik Hubungan Ekonomi Indonesia-Korea, Shin Tae-yong Perlu Tahu!

Trik Shin Tae-yong Bangkitkan Motivasi Timnas Indonesia U-19, Rabbani Langsung Hattrick

Sabtu, 09 Juli 2022 | 06:39 WIB
header img
Rabbani Tasnim, ia menjadi bintang kemenangan Timnas Indonesia U-19 atas Filipina dalam laga ketiga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022

BEKASI, iNews.id - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong benar-benar jitu untuk membangkitkan motivasi pemain. Pelatih Korea Selatan ini mengeluh kekurangan striker haus gol, pernyataan Shin Tae-yong langsung direspon dengan kemenangan 5-1 atas Timnas Filipina U-19.

Salah satu yang membanggakan adalah Rabbani Tasnim, ia menjadi bintang kemenangan Timnas Indonesia U-19 atas Filipina dalam laga ketiga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022. Pemain yang menempati posisi striker tersebut berhasil membuktikan diri dengan mencetak hattrick.

Laga antara Timnas Indonesia U-19 vs Filipina U-19 digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat malam (8-7-2022). Bermain dominan sepanjang laga Timnas Indonesia berhasil menang dengan skor 5-1 atas Filipina. Lima gol kemenangan Indonesia di cetak oleh Hattrick Rabbani Tasnim di menit ke-14 (P), menit ke-41 (P) dan menit ke-50 serta masing-masing gol dari Nico di menit ke-27 serta gol menutup Razza di menit ke-70.

Kemenangan atas Filipina menjaga asa Indonesia untuk lolos di fase Grup A Piala AFF 2022 terbuka. Indonesia berada di peringkat ketiga dengan mengumpulkan 8 poin. Menyisakan satu lagi tersisa melawan Myanmar menjadi laga hidup mati bagi tim anak asuh Shin Tae-yong. 

Babak pertama, secara mengejutkan Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengistirahatkan beberapa pemain pilarnya seperti Ronaldo Kwateh, Hokky Caraka, Arkhan Fikri serta Kakang. Timnas Indonesia U-19 berhasil mendominasi permainan atas Filipina sejak menit awal babak pertama.

Serangan bertubi-tubi dilancarkan Garuda Muda ke lini pertahanan Filipina dan membuat repot lini belakang Filipina. Beberapa pelanggaran keras dilakukan pemain Filipina untuk menghentikan pemain Indonesia. Menit ke-15 Indonesia berhasil mencetak gol melalui tendangan penalti Rabbani. Penalti diberikan wasit setelah Subhan dilanggar dengan keras pemain Filipina di dalam kotak penalti. Tanpa ragu wasit menunjuk titik penalti untuk Indonesia. Rabbani yang maju menjadi eksekutor tendangan penalti berhasil dengan mudah menaklukkan penjaga gawang Filipina, skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia atas Filipina.

Menit ke-27 Indonesian berhasil menambahkan keunggulan melalui tendangan keras kaki kiri Nico memanfaatkan umpan terobosan Rabbani. Gol berawal dari serangan balik cepat yang di lancarkan pemain Indonesia, Rabbani mendapat bola dari lini belakang memberikan umpan terobosan ke arah Nico. Dengan tenang Nico melepas tendangan keras kaki kiri yang menghujam ke dalam gawang Filipina, skor 2-0 untuk Indonesia.

Unggul 2-0 membuat Indonesia menurunkan tekanan ke pertahanan Filipina, hal tersebut berhasil dimanfaatkan oleh pemain Filipina untuk lepas menekan pertahanan Garuda Muda. Menit ke-28 Filipina berhasil mencetak gol melalui pemain Chan Frias. Berawal dari kesalahan pemain belakang Indonesia yang salah mengantisipasi lemparan ke dalam pemain Filipina, bola jatuh di depan Chan Frias dan tanpa berpikir lama Chan melepas tendangan keras yang menghujam gawang Indonesia, skor berubah menjadi 2-1.

Menit ke-41 Indonesia kembali mendapat tendangan penalti usai Zalnadin dilanggar dikotak penalti pemain Filipina. Rabbani yang kembali ditunjuk sebagai eksekutor berhasil menaklukkan penjaga gawang Filipina untuk kedua kalinya, skor 3-1 untuk Indonesia. Disisa waktu kedua tim tidak mampu mencetak gol tambahan, hingga berakhirnya babak pertama skor 3-1 untuk keunggulan Timnas Indonesia U-19 atas Filipina tetap bertahan.

Babak kedua, Memasuki babak kedua Timnas Indonesia langsung tancap gas dengan menekan pertahanan Filipina sejak menit awal babak kedua. Laga baru berjalan lima menit Timnas Indonesia berhasil mencetak gol melalui sundulan kepala Rabbani Tasnim memanfaatkan sepak pojok dan sekaligus mencatatkan namanya mencetak hattrick dalam laga tersebut, skor 4-1 untuk Indonesia.

Indonesia benar-benar berhasil mendominasi permainan atas Filipina dan membuat Filipina susah lepas dari tekana pemain Indonesia. Menit ke-70 Indonesia berhasil menambah keunggulan melalui tendangan terukur pemain penganti Razza. Berawal kerja sama apik pemain Indonesia di area pertahanan Filipina dan di akhiri tendangan terukur Razza membuat penjaga gawang Filipina tidak beraksi, skor berubah menjadi 5-1 untuk keunggulan Indonesia atas Filipina.

Disisa waktu kedua kesebelasan mencoba untuk mendapatkan gol tambahan, namun hingga babak kedua usai skor 5-1 untuk kemenangan Indonesia atas Filipina tetap bertahan.

Susunan Pemain :

Indonesia U-19 : Cahya Supriadi, Kadek Arel, Muhammad Ferarri, Frezt Al Hudaifi, Ferdiansyah Cecep, Zanadin Fariz, Subhan Fajri, Alfriyanto Nico, Marcell Januar, Edgard Amping, Robbani Tasnim.

Filipina U-19 : Lance Jeter, Zachary Taningco, Cian Gabriel, Dov Anthony, Kamil Jaser, Andreas Rafael, John Dale, Jaime Domingo, Antonie Ortega, Justin Lawrence, Uriel Reyes.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut