get app
inews
Aa Read Next : Taruna AAL Korps Marinir Berlatih Tempur Kavaleri

Ratusan Taruna AAL Tingkat ll Jalani Lattek Jalasesya dan Prayudha

Selasa, 16 November 2021 | 18:56 WIB
header img
Gubernur AAL, Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, melepas Latihan Praktek Pelayaran Jalasesya diL apangan Banda, Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya, Selasa (16/11/2021). (Foto: iNewsSurabaya/HO/Ali Masduki)

SURABAYA, iNews.id - Sebanyak 129 Taruna AAL Tingkat ll Angkatan Ke-69, yang terdiri dari Taruna Korps Pelaut, Teknik, Elektronika dan Suplai serta Lattek Prayudha Taruna Korps Marinir, menjalani Latihan Praktek (Lattek) Pelayaran Jalasesya.

Lattek Jalasesya tersebut dilaksanakan selama sebelas hari mulai 16 - 27 November mendatang. Para Taruna berlayar menggunakan KRI Surabaya-591 dengan rute pelayaran Surabaya – Balikpapan – Makassar – kembali lagi ke Surabaya. Sementara untuk Lattek Prayudha akan dijalani oleh 25 Taruna Korps Marinir di Puslatpurmar 4 Purboyo, Malang Selatan.

Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL), Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, mengatakan latihan praktek Jalasesya dan Prayudha merupakan latihan praktek bagi Taruna AAL Tingkat ll. Kegiatan ini sudah terprogram di dalam Kalender Pendidikan AAL sesuai Prolakdik AAL tahun 2021. 

Ia menjelaskan, Lattek bertujuan untuk memperdalam keilmuan para Taruna tingkat II P, T, E, S. Dengan praktek lapangan, diharapkan Taruna bisa mengetahui kegiatan dasar bernavigasi dalam pelayaran dan kehidupan dinas dalam kapal saat sandar, berlayar dan memahami peran. Serta fungsi dan tanggung jawab tiap-tiap departemen di kapal.

Sedangkan sasaran latihan praktek Prayudha sendiri agar Taruna mengetahui teknik dan taktik operasi tempur darat bagi Taruna tingkat II Korps Marinir.

"Latihan Jalasesya juga sekaligus sebagai media promosi di daerah-daerah yang disinggahi," katanya. 

Nur Alamsyah menjelaskan, dengan singgah di sejumlah daerah, maka masyarakat dan putra daerah setempat akan mengetahui keberadaan TNI AL khususnya AAL. Sehingga dapat memberikan kesan positif, dan pada akhirnya akan tertarik untuk menjadi Taruna AAL.

“Pada latihan praktek Jalasesya dan Prayudha, Taruna akan dihadapkan pada kondisi nyata yang berbeda dengan suasana kelas. Pengalaman-pengalaman yang akan didapatkan selama latihan, dapat dijadikan sebagai bekal kelak dalam penugasan dimasa yang akan datang," tegasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut