get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Karang Taruna di Jatim, Gelar Perayaan Merdeka Heppiii, Guyub dan Rukun Bangun Desa

Sektor Pertanian Jawa Timur Bergeliat, Tumbuh 11,50 Persen 

Selasa, 20 September 2022 | 15:39 WIB
header img
Sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan memberikan kontribusi sebesar 11,50 persen, jumlah ini membukukan kontribusi positif. Foto Kominfo

SURABAYA, iNews.id - Pertanian di Jawa Timur mengalami kenaikan. Tercatat, tahun 2021 sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan memberikan kontribusi sebesar 11,50 persen, jumlah ini membukukan kontribusi positif.

Melansir laman resmi Badan Pusat Statistik Jawa Timur (BPS Jatim) dalam laporan Luas Panen dan Produksi Padi di Provinsi Jawa Timur 2021 pada 20 September 2022, tercatat pada kondisi pandemi Covid-19 yang berdampak cukup besar terhadap perekonomian regional Jawa Timur, sektor pertanian justru menunjukkan kinerja yang cukup baik. 

Hal ini dibuktikan dengan perkembangan sektor pertanian yang tumbuh positif sebesar 1,01 persen di tengah kontraksi perekonomian Jawa Timur sebesar 2,33 persen pada tahun 2020 dan terus bertumbuh positif mencapai 1,75 persen di tahun 2021. 

“Di samping itu, peran strategis sektor pertanian juga ditunjukkan dari kontribusinya terhadap penyerapan tenaga kerja yang terbesar dibandingkan dengan sektor lainnya, yaitu sekitar 31,68 persen berdasarkan hasil Survei Angkatan Kerja Nasional pada Agustus 2021,” ujar Kepala BPS Jatim, Dadang Hardiwan. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut