Logo Network
Network

42 Ribu Siswa Bakal di Imunisasi, Ini Jadwal Pelaksanaannya

Arif Ardliyanto
.
Jum'at, 23 September 2022 | 07:47 WIB
42 Ribu Siswa Bakal di Imunisasi, Ini Jadwal Pelaksanaannya
Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya kembali menggeber pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Foto iNewsSurabaya.id

Untuk total sasaran BIAS HPV adalah sebanyak 42.127 dan sasaran BIAS MR  sebanyak 41.262 di Kota Surabaya. Berdasarkan hasil cakupan per tanggal 21 September 2022, BIAS HPV telah mencapai 5.282 siswa atau 12,53 persen dan BIAS MR mencapai 5.265 siswa atau 12,75 persen. Karenanya, Nanik berharap adanya peran aktif dari orang tua terkait kesadaran memberikan fasilitasi kelengkapan imunisasi bagi putra - putrinya perlu dikuatkan.

“Sebab, tidak dipungkiri bahwa masih ada penolakan pemberian imunisasi dikarenakan kurangnya pemahaman tentang manfaat dan pentingnya imunisasi. Oleh karena itu, diharapkan kerjasama dari institusi pendidikan untuk membangun kesadaran dan sosialisasi secara masif kepada sasaran dan orang tua wali murid terkait manfaat program BIAS bersama Puskesmas di masing-masing wilayah,” harapnya.

Lebih lanjut, Nanik menganjurkan para peserta sebelum mengikuti imunisasi terlebih dahulu untuk mempersiapkan diri. Yakni, dengan memastikan kondisi kesehatan peserta, membawa buku/kartu catatan riwayat imunisasi yang sudah pernah didapatkan, dan sudah mengkonsumsi asupan nutrisi atau sarapan sebelum imunisasi.

“Mari kita pastikan bersama dengan memberikan fasilitasi hak anak dalam meningkatkan status kesehatannya, dengan melengkapi imunisasi yang didapatkan melalui BIAS. Sehingga dapat meningkatkan herd immunity (kekebalan kelompok) terhadap Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I),” pungkasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.