get app
inews
Aa
Read Next : Gus Hans Sebut Politik Identitas Biang Kerok Batalnya Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Politisi Partai Demokrat Agus Dono Gagas Pembentukan Koperasi UMKM Guna Hadapi Korporasi

Rabu, 28 September 2022 | 09:21 WIB
header img
Anggota Komisi B DPRD Jawa Timur Agus Dono Wibawanto. Foto: MPI/Lukman

SURABAYA, iNews.id- Anggota Komisi B DPRD Jawa Timur (Jatim), Agus Dono Wibawanto menggagas pembentukan koperasi untuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Jawa Timur (Jatim).

Langkah ini ditempuh guna meningkatkan kinerja UMKM sekaligus membentengi pelaku usaha lokal dari gempuran korporasi nasional maupun global. 

"Saat ini saya lagi menggalang UMKM di Jatim, khususnya di Malang untuk membentuk koperasi. Karena saya baru paham bahwa dana pemerintah itu lebih mudah terserap ke yayasan atau ke koperasi. Sekarang masih proses di Kemenkumham. Jadi, UMKM-UMKM itu saya satukan untuk dibentuk koperasi," katanya, Selasa (27/9/2022). 

Politisi dari fraksi Partai Demokrat Jatim ini menilai, sejauh ini peran pemerintah dalam memberdayakan dan meningkatkan kinerja UMKM sangat kurang.

Sebab, pemerintah hanya berkutat pada persoalan administrasi UMMK seperti masalah perizinan.

"Sejauh ini belum ada lembaga yang benar-benar bisa menampung produk UMKM. Meski ada ketenutan belanja APBD dan APBN untuk belanja di UMKM, tapi faktanya tidak seperti itu," katanya.

"Coba dicek dilapangan, apakah pembelian itu ada di UMKM. Itu kan tergantung proyeksi OPD (organisasi perangkat daerah) masing-masing. Artinya tidak ada ketegasan untuk mengarahkan ke sana (belanja di UMKM). Walaupun sebenarnya produk mereka (UMKM) mumpuni. Tapi tidak ada akses penjualan maupun promosi," imbuhnya.  

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut