get app
inews
Aa Read Next : Film Pendek Jaga Raya Sudah Dirilis, Eksklusif di YouTube Resmi Indosat

Cegah Abrasi, Pelindo Regional 3 Hijaukan Pesisir Indonesia

Rabu, 01 Desember 2021 | 11:56 WIB
header img
Gerakan serempak tersebut untuk memperingati Bulan Menanam Pohon Nasional di Desember 2021. (Foto: Pelindo3 for iNewsSurabaya/Ali)

SURABAYA, iNews.id - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 menghijaukan pesisir pantai Indonesia. Sedikitnya 32 ribu bibit pohon mangrove ditanam serentak di sejumlah lokasi. Gerakan serempak tersebut untuk memperingati Bulan Menanam Pohon Nasional di Desember 2021

Regional Head 3 Pelindo, Ardhy Wahyu Basuki, mengatakan penanaman bibit pohon mangrove ini bertujuan untuk melindungi habitat laut. Dengan adanya pohon mangrove maka keseimbangan ekosistem bahari dan resiko bencana seperti abrasi dan tsunami di sekitar wilayah kerja Pelindo dapat dibendung.

“Sebagai perseroan kami memiliki komitmen untuk turut serta merawat lingkungan. Oleh karenanya  melalui program TJSL yang kami miliki, kami terus berupaya mewujudkan hal tersebut sehingga bisa memberikan dampak langsung pada lingkungan," katanya.

Sedikitnya 30 hektar area pantai di Indonesia berhasil ditamani bibit mangrove jenis Rhizophora dan Avicennia oleh Pelindo. Diantaranya berada pantai Cilacap, Pasuruan, Probolinggo dan Buleleng Bali.

Menurut Ketua Perempuan Tani Kabupaten Probolinggo, Mirrah Sammiyah, penanaman mangrove ini tidak hanya memberikan dampak kelestarian lingkungan. Namun secara tidak langsung juga akan meningkatkan perekonomian warga, khususnya nelayan dampak dari kembalinya habitat ikan tangkapan nelayan di sekitar wilayah mangrove.  

“Terimakasih dan apresiasi kami ucapkan kepada Pelindo atas perhatiannya pada lingkungan pesisir salah satunya dengan menanam mangrove," pungkasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut