SURABAYA, iNews.id - Tokopedia terus melakukan inovasi untuk membuat UMKM naik pangkat. Tercatat, selama semester I 2022, Tokopedia mencatat kenaikan jumlah transaksi dan pembeli, khususnya di Surabaya, mencapai hampir 1,5 kali lipat.
“Kategori Makanan dan Minuman menjadi salah satu kategori paling laris di Surabaya,” jelas External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz.
Tren ini didorong oleh inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang bertujuan mendekatkan UMKM di berbagai daerah termasuk Surabaya dengan pembeli setempat, agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh. Contoh UMKM Surabaya di kategori Makanan dan Minuman yang merasakan manfaat inisiatif ini adalah Initial Coffee Roaster.
Initial Coffee Roaster, yang didirikan oleh Ivan Hartanto bersama dua rekannya, Kenny Soewondo dan Kevin Soewondo, bergerak di industri kopi sejak 2014 dan telah memberdayakan ratusan petani kopi lokal di berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Aceh, Jawa hingga Papua.
Pemilik Usaha Initial Coffee Roaster, Ivan Hartanto, mengatakan, Initial Coffee Roaster berdiri bukan hanya sebagai kedai kopi. Kami memiliki tujuan memberdayakan dan meningkatkan nilai tambah setiap pelaku yang berperan di rantai industri kopi, mulai dari petani kopi, prosesor kopi dan masih banyak lagi.
"Initial Coffee Roaster membeli biji kopi langsung dari ratusan petani kopi lokal, tanpa perantara. Mereka juga memastikan pembelian dilakukan di awal agar para petani bisa punya pegangan modal untuk mengembangkan produktivitas lahan kopi mereka," katanya.
Editor : Arif Ardliyanto