get app
inews
Aa Read Next : Lapas dan Rutan Terbaik Indonesia Ternyata Ada di Jawa Timur, Mana Saja?

Neraca Perdagangan Jawa Timur dengan Inggris Surplus

Kamis, 02 Desember 2021 | 15:59 WIB
header img
Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Mr Owen Jenkins berdialog dengan Gubernur Khofifah, di Grahadi Surabaya. (Foto: iNewsSurabaya/HO/Ali)

SURABAYA, iNews.id - Berdasarkan data BPS Jawa Timur, sejak tahun 2017-2021 neraca perdagangan Jawa Timur dengan Inggris menunjukkan surplus bagi Jawa Timur setiap tahunnya. Khususnya untuk periode Januari-Agustus 2020 senilai US $ 145,04 juta.

"Nilai ekspor Jawa Timur ke Inggris mencapai US $ 229,52 juta dan nilai impor Jawa Timur dari Inggris sebesar US $ 84,48 juta," kata Khofifah, saat menerima kunjungan Dubes Inggris untuk Indonesia, di Gedung Negara Grahadi dalam lawatannya ke Kota Surabaya, Rabu (1/12). 

Gubernur perempuan pertama di Jatim ini memaparkan, komoditi penyumbang ekspor non migas Jawa Timur ke Inggris antara lain kayu, barang dari kayu, kendaraan dan bagiannya, daging dan ikan olahan, mesin/peralatan listrik, alas kaki, perabot, penerangan rumah, bahan kimia organik, perangkat musik, kertas/karton, kopi, teh dan rempah-rempah. 

Sementara untuk impor Jawa Timur dari Inggris diantaranya bubur kayu/pulp, besi dan baja, mesin-mesin/pesawat mekanik, plastik dan barang dari plastik, kertas/karton; bahan kimia organik, sari bahan samak dan celup, berbagai produk kimia, minyak atsiri, kosmetik wangi-wangian, garam, belerang dan kapur.

Selanjutnya, dari sisi investasi Inggris di Jawa Timur, pada periode Tahun 2010 sampai dengan September Tahun 2021, tercatat sebanyak 23 bidang usaha di 8 Kabupaten dan Kota dengan nilai investasi mencapai US$ 142,38 juta. 

Bidang usaha terbesar yang dikembangkan yaitu sektor industri makanan, industri kayu, industri karet dan plastik, dan industri lainnya, listrik/gas dan air, perdagangan dan reparasi, perumahan/kawasan industri dan perkantoran dan jasa lainnya.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Mr Owen Jenkins menyampaikan keinginannya untuk semakin memperkuat kerjasama antara Inggris dan Jawa Timur dalam berbagai bidang. Diantaranya transportasi, ekonomi kreatif, dan energi baru terbarukan. 

"Kami siap mendukung rencana Ibu Gubernur untuk mewujudkan konektivitas Jawa Timur melalui pembangunan sarana perkeretaapian. Termasuk juga pengembangan kawasan ekonomi khusus di Malang terkait ekonomi kreatif," pungkasnya.
 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut