get app
inews
Aa Read Next : Asah Kreativitas Siswa, SMA Wijaya Putra Gelar Lomba Bersama, Ini Keseruannya!

Hotel Yamato, Titik Sejarah 10 November yang Dijadikan Peringatan Hari Pahlawan di Indonesia

Kamis, 10 November 2022 | 08:19 WIB
header img
Hari Pahlawan telah ditetapkan 10 November. Penetapan hari ini tak lepas dari Hotel Yamato yang dijadikan sebagai titik lokasi perjuangan Pahlawan Indonesia. Foto iNewsSurabaya/ist

Sayangnya keadaan makin ramai, sehingga Sidik terus didesak lalu terbunuh dengan pisau yang tertancap di badannya. Sementara itu Hariyono mengamankan Residen Soerdirman dan membawanya pergi keluar hotel.

Residen Soedirman dan Hariyono mengabarkan kepada pemuda lainnya bahwa negosiasi tidak berjalan mulus. Akhirnya para pemuda memutuskan pergi ke atap Hotel Yamato untuk menurunkan bendera triwarna Belanda dan menggantinya dengan bendera Merah Putih Indonesia. Namun, para pemuda Surabaya itu tidak membawa bendera Indonesia.

Dengan cerdik, mereka merobek kain biru pada bendera triwarna, sehingga tinggallah kain bewarna merah-putih. Bendera Merah Putih pun berhasil dinaikkan di tiang bendera, meski terlihat bekas sobekan. Pengibaran bendera Merah Putih di atas Hotel Yamato diiringi dengan pekik para pemuda yang meneriakkan seruan “Merdeka!”.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut