get app
inews
Aa Read Next : HCML Gelar HSSE Goes to School di Banyuwangi, Keselamatan dan Kesehatan Jadi Prioritas

Lapangan Gas MDA Proyek 3M Mulai Berproduksi

Jum'at, 18 November 2022 | 14:13 WIB
header img
Proyek ini akan memberikan dukungan yang kuat terhadap pasokan gas alam di Indonesia.  Foto: MPI/Lukman

SURABAYA, iNews.id - Lapangan Gas MDA, salah satu dari tiga lapangan Proyek 3M (MDA, MBH, MDK) di Indonesia, telah mulai berproduksi. Proyek ini akan memberikan dukungan yang kuat terhadap pasokan gas alam di Indonesia. 

Produksi gas alamnya juga akan berfungsi sebagai jaminan untuk kelangsungan produksi yang dijalankan oleh perusahaan milik Pemerintah Indonesia, Petrokimia Gresik. Proyek 3M di Indonesia dioperasikan oleh Husky-CNOOC Madura Limited (HCML). Sebagai mitra usaha patungan dan pemilik HCML, 

antara lain CNOOC Southeast Asia Limited (CNOOC Southeast Asia) memegang 40% saham, Cenovus Energy Inc 40% saham, dan Samudra 20% saham.

Proyek 3M terletak kurang lebih 75 kilometer (km) sebelah tenggara Pulau Madura di Selat Madura, Jawa Timur (Jatim) dengan kedalaman air rata-rata kurang lebih 80 meter. Proyek ini berisi 3 lapangan gas dengan total 9 sumur penghasil gas. 

Fasilitas produksi utama adalah Floating Production Unit (FPU) yang akan melakukan proses produksi dan pengolahan gas alam. FPU dibangun di China dengan kapasitas desain 175 juta kaki kubik per hari.

Indonesia memiliki populasi terbesar keempat di dunia dan berfungsi sebagai pintu gerbang transportasi utama antara Asia dan Oseania, Pasifik dan Samudra Hindia. 

Selain menjadi ekonomi terbesar di Asia Tenggara dan anggota G20, Indonesia juga merupakan salah satu anggota pendiri Association of Southeast Asian Nations (ASEAN). Indonesia juga merupakan mitra penting di sepanjang "Belt and Road" Cina pada saat yang sama. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut