get app
inews
Aa Read Next : Bank Jatim Fasilitasi Pembukaan Rekening untuk Penyandang Disabilitas

Mau Tahu Kehebatan Penyandang Disabilitas, Yuk ke Taman Budaya Jawa Timur

Sabtu, 03 Desember 2022 | 06:00 WIB
header img
Karya-karya penyandang disabilitas mewarnai setiap sudut dilingkungan Taman Budaya Cak Durasim. Foto: MG/Ruth Hellen

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Penyandang disabilitas ternyata memiliki bakat yang patut diperhitungkan. Dibalik kekurangan, mereka mempunyai keahlian yang tidak disangka-sangka. Diantara mereka ada yang punya keahlian melukis dan menyanyi.

Seluruh bakat terpendam yang dimiliki disabilitas itu bisa saat ini bisa dijumpai di fesival budaya disabilitas yang digelar Taman Budaya Cak Durasim mulai tanggal 2-3 Desember 2022.

Festival bertajuk 'Berkarya bersama mewujudkan kesetaraan' tersebut untuk memperingati hari diasabilitas internasional.

Beragam kegiatan menarik seperti lomba mewarnai, parade musik disabilitas, pameran lukisan, fashion show disabilitas, seminar komunikasi dengan pakar-pakar komunikasi disabilitas, hingga kiat-kiat sukses menjadi anak disabilitas yang mandiri, turut meramaikan perhelatan yang digelar oleh Istana Karya Difabel Surabaya dan Kelompok Penyani Jalanan Surabaya.

Ketua Istana Karya Difabel, Andy Setiawan, mengatakan fesival budaya disabilitas ini bertujuan untuk memberi ruang bagi seniman-seniman disabilitas. Terutama untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa penyandang disabilitas mampu menyajikan karya seni.

“Tujuan diadakan acara ini supaya dapat berbagi ruang, dan mereka merasa kalau berkesenian tidak sempit dunianya,” ucapnya.

Sedikitnya ada 11 komunitas termasuk dari sekolah khusus untuk disabilitas yang terlibat dalam fesival ini.

Setiawan berharap, fesival budaya disabilitas nantinya akan terus digelar supaya para penyandang disabilitas semakin eksis.

“Ini baru menggawali supaya petinggi-petinggi pemerintah merespon dan suka. Kita berdoa supaya setiap tahun diadakan acara seperti ini setiap tanggal 3 Desember,” tukasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut