get app
inews
Aa Read Next : KRI Panah-626 Menggebrak Laut, Sukses Latihan VBSS dalam Meningkatkan Kesiapan Satkat Koarmada III

Prabowo Sebut Kapal Cepat Rudal 60m Karya Anak Bangsa Layak Ekspor

Sabtu, 11 Desember 2021 | 14:24 WIB
header img
Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto. (Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki)

SURABAYA, iNews.id - Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto mengatakan Kapal Cepat Rudal (KCR) yang diproduksi oleh PT PAL Indonesia (Persero) dapat dipasarkan ke negara lain.

“Saya kira ada saja kemungkinannya. Kita lihat dari kemampuannya yang cukup tinggi  dengan harganya yang saya kira mencapai sekitar setengah dari harga pasaran dengan kapal sejenis dari produksi luar negeri," katanya saat Launching Kapal Cepat Rudal (KCR) 60  Meter kelima, di PT PAL Surabaya.

Prabowo menyebut, KCR 60 Meter memiliki kontribusi besar dalam peningkatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) produksi kapal di Indonesia. 

Sebagaimana diketahui, dalam memproduksi Kapal Cepat Rudal, seluruh proses mulai dari engineering design, proses pembangunan platform, hingga integrasi sistem senjata semua dilakukan di PT PAL Indonesia (Persero). 

Prabowo menegaskan bahwa kedepan akan banyak project yang dijalankan di PT PAL. 

“Tadi disebut bahwa desain, perancangan, semuanya dari kita sendiri. Jadi, local  content-nya sangat tinggi. Dan rencananya kita akan membuat PT PAL sebagai Lead  Integrator akan memandu jalannya proyek-proyek pertahanan matra laut. Karena akan ada puluhan kapal nanti yang akan kita modernisasi dan akan kita bangun disini," terangnya.

Sebagai informasi, Kapal Cepat Rudal Kelas 60 meter adalah salah satu jenis kapal Kapal Perang Republik Indonesia bertipe Kapal Cepat Rudal. KRI 60 meter 100% pembuatannya di lakukan di PT PAL Indonesia.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut