get app
inews
Aa Read Next : PosIND Gelar Nobar di Posbloc Surabaya, Dukung Timnas U-23

Perang Urat Saraf, Shin Tae-yong Sebut Laos Tim Terlemah di Grup B Piala AFF 

Minggu, 12 Desember 2021 | 13:26 WIB
header img
Pelatih Kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong menilai Tim Laos adalah tim terlemah di Grup B Piala AFF 2020 saat konferensi pers jelang lawan Laos.(Foto : iNewsSurabaya/Okezone)

SURABAYA, iNews.id - Pelatih Kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong menilai Tim Laos adalah tim terlemah di Grup B Piala AFF 2020 saat konferensi pers jelang lawan Laos. Pernyataan Pelatih Timnas Indonesia membuat perang urat saraf dengan Tim Laos menjelang pertandingan.

Pelatih asal Korsel tersebut percaya diri Evan Dimas dkk bakal Menag dan berpesta gol ke gawang Laos  saat menghadapi Laos pada Matchday ke-2 penyisihan Grup B Piala AFF 2020 di stadion Bisnan, Singapura, Minggu (12-12-2021). Fakta ini ditunjukan karena selama ini Laos tidak mampu menang melawan Indonesia, kondisi ini yang membuat keyakinan skuad Indonesia bisa menang.

"Kalau boleh menilai, Laos adalah tim terlemah di grup B. Maaf, saya merasa tak enak mengatakan ini namun mereka juga tim yang paling banyak kemasukan gol (6 gol). Kekuatan tim mereka juga berada paling bawah," kata Shin Tae Yong pada konferensi pers jelang pertandingan.

Laos sendiri sudah melakoni 2 laga di penyisihan Grup B Piala AFF 2020. Pertandingan pertama kalah 2-0 atas Vietnam dan di bantai 4-0 saat bertemu Malaysia.

"Di laga lawan Vietnam, Laos bermain cenderung bertahan sangat dalam. Di pertandingan kedua mereka mencoba bermain lebih menyerang, tapi kemasukan lebih banyak gol." Kata Shin Tae-yong.

"Kami sangat percaya diri untuk meraih kemenangan atas Laos. Saya meminta pemain selalu lapar cetak gol meskipun sudah unggul satu atau dua gol," jelas Shin Tae Yong.

Timnas Indonesia memiliki catatan mentereng saat bertemu Laos di Piala AFF. Skuad Garuda selalu berpesta Gol. Tim Merah-putih dua kali mencukur Laos dengan skor 6-0, di Piala AFF 2004 dan 2010. Namun, Timnas Indonesia mempunyai catatan pahit saat bertemu dengan Laos. Ditahan imbang 2-2 pada Piala AFF 2012 dan ikut memengaruhi kegagalan Indonesia lolos fase grup.

Untuk itu, Shin Tae-yong mengharapkan kepada Evan Dimas dkk untuk Fokus dan tidak membuang peluang saat menghadapi Laos. "Bola itu bundar, saya tidak bisa prediksi hasil skor. Tapi, saya meminta pemain sebanyak mungkin untuk  cetak gol jika mendapat peluang. Karena ini bersifat turnamen, saya meminta pemain bisa cetak gol banyak, itu penting di akhir klasemen nanti" ujarnya. 

Puncak klasemen Grup B di kuasai Malaysia dengan 6 poin hasil dua kali menang surplus 6 gol. Sedangkan Timnas Indonesia berada di peringkat 2 dengan 3 poin surplus 2 gol. Poin Skuad Garuda sebenarnya sama dengan Vietnam yaitu 3 poin. Namun Evan Dimas dkk menang Surplus gol terhadap Vietnam. Untuk itu Kemenangan besar menjadi modal bagus di klasemen akhir.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut