get app
inews
Aa Read Next : Alfamidi Pasuruan Ikut Tanggulangi Stunting di Sidoarjo, Berikan Paket Nutrisi untuk Anak-Anak

Syngenta Resmikan Fasilitas Benih Jagung

Selasa, 13 Desember 2022 | 11:24 WIB
header img
Syngenta Resmikan Fasilitas Benih Jagung untuk menunjang produksi. Foto iNewsSurabaya/ist


 Indonesia kini tercatat sebagai negara produsen jagung terbesar di ASEAN dengan luas tanam mencapai 3,5 juta hektar dan produktifitas lahan 5,4 ton per hektar. Para petani jagung di Indonesia sebagian besar adalah petani kecil dengan luas lahan rata-rata 0,5 hektar. Selama lebih dari 20 tahun, Syngenta Seeds Indonesia telah turut berperan dalam melakukan pendampingan petani jagung guna meningkatkan produktifitas lahan dan sekaligus menyediakan benih unggulan. 

Dalam dua dekade terakhir ini produksi jagung di Indonesia telah mengalami peningkatan dari semula 9,5 juta ton pada 2000, hingga kini telah menjadi 19,7 juta ton pada 2020. Di tahun 2022 Kementerian Pertanian memperkirakan produksi jagung di Indonesia akan mencapai 23,1 juta ton. Provinsi Jawa Timur kini menjadi produsen jagung tertinggi di Indonesia dengan 1,19 juta hektar dan produktifitas mencapai 5,37 juta ton per tahun, kemudian diikuti oleh Jawa Tengah, Lampung, Sumatra Utara dan Sulawesi Selatan.

Benih Jagung Unggulan NK Naga
Di Indonesia, para petani sudah tidak asing lagi dengan berbagai produk benih jagung hibrida berkualitas tinggi yang diproduksi oleh Syngenta Seeds Indonesia. Seperti NK 212, NK Perkasa, NK Sumo, NK Andalan, NK Juara, NK Super, NK Garuda, dan NK Fantastis. Baru-baru ini Syngenta Seeds Indonesia meluncurkan varietas baru yaitu NK Naga. NK Naga memiliki keunggulan mampu beradaptasi di lahan sawah yang sebelumnya telah ditanami padi dan lahan jagung yang irigasinya menggunakan air hujan. 

Benih NK Naga ini dapat ditanam pada lahan yang mempunyai masalah dengan berbagai biota endemik seperti penyakit bulai dan busuk batang, arena benih ini kuat melawan kedua penyakit tersebut. Selain kuat melawan penyakit, benih NK Naga ini juga sangat menguntungkan petani karena bisa ditanam lebih rapat. Dengan semua keunggulannya, benih NK Naga menjadi sebuah solusi bagi para petani jagung untuk mendapatkan hasil panen yang optimal. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut