get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Gandeng Desa Sajen, UNTAG Surabaya Berkolaborasi Hasilkan Kampung Bangkit

Minggu, 25 Desember 2022 | 17:21 WIB
header img
Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya membuat terobosan untuk warga Mojokerto. Foto iNewsSurabaya/trisna

MOJOKERTO, iNewsSurabaya.id - Terletak di dataran tinggi, Desa Sajen, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto memiliki berkah sumber daya alam yang subur dan melimpah yang masyarakatnya rata-rata bermata pencaharian sebagai petani dan peternak. Melihat potensi yang menjanjikan tersebut, Untag Surabaya berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi Desa Sajen melalui program Kemendikbud Ristek bertajuk Hibah Insentif Pengabdian Masyarakat yang Terintegrasi dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Berbasis IKU (Indikator Kinerja Utama) bagi Perguruan Tinggi Swasta tahun 2022. 

Program ini bertujuan untuk mengembangkan potensi Desa Sajen dalam mendorong terwujudnya kemandirian masyarakat melalui pengembangan potensi unggulan dan penguatan kelembagaan serta pemberdayaan masyarakat melalui BUMDES dan mewujudkan desa mandiri energi listrik. Selain itu agar dapat diintegrasikan dengan kolaboratif dan partisipasi mahasiswa.

Melalui Program Studi S1 Teknik Elektro UNTAG Surabaya, Desa Sajen mendapatkan pelatihan dan sosialisasi berupa tata kelola BUMDES dengan memberikan legalitas dan mendaftarkan usaha-usaha milik masyarakat Desa Sajen ke dinas terkait untuk membantu peminjaman modal. Dengan diadakannya sosialisasi tersebut diharapkan dapat memberikan bantuan dalam pengembangan usaha kecil dan menengah.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut