get app
inews
Aa Read Next : Futsal Piala IPIEMS Jadi Magnet SMP di Surabaya, Dipimipin Wasit Liga 1, Pertandingan Berkualitas

SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo Ajak Siswanya ke Kampung Edukasi Sampah, Ini yang Dipelajari

Selasa, 10 Januari 2023 | 17:44 WIB
header img
Kampung Edukasi Sampah Sidoarjo menjadi perhatian banyak siswa sekolah. Mereka datang ke lokasi untuk belajar mengelola Sampah. Foto iNewsSurabaya/ist

SIDOARJO, iNewsSurabaya.id - Puluhan siswa SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo melakukan pembelajaran luar kelas (outing class) dengan tema gaya hidup berkelanjutan. Merekamenjadikan Kampung Edukasi Sampah Sidoarjo sebagai role modeling, pada Selasa 10 Januari 2025. 

Gaya hidup berkelanjutan sendiri merupakan tema pertama pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang merupakan salah satu bagian kegiatan dalam pembelajaran kurikulum merdeka.   

Retno Mulyo Kader Lingkungan Kampung Edukasi Sampah ditengah-tengah kunjungan menjelaskan bahwa kegiatan outing class oleh sekolah seperti ini menjadi salah satu cara pembelajaran yang cukup efektif dalam penyampaian pengetahuan sehingga para siswa didik tidak hanya belajar dari teori saja, melainkan mendekatkan peserta didik dengan melihat keadaan lingkungan yang sesungguhnya. 

"Kegiatan outing tersebut peserta didik lebih mudah memahami materi yang disampaikan secara langsung karena disertai dengan contoh dan latihan yang konkret," ungkapnya.

“Pemahaman tentang pemilahan dan pengolahan sampah sebagai pembelajaran utama dalam kegiatan tersebut dengan beberapa aktifitas di Kampung Edukasi Sampah seperti: pemilahan sampah organik dan an organik, pengolahan sampah baik organik dan anorganik, program 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dan perpustakaan digital,” jelas Retno.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut