get app
inews
Aa Read Next : PT PII Salurkan Bantuan Ribuan Paket Sembako ke Pemprov Jatim

PT PII Dorong UMKM Situbondo Naik Kelas

Jum'at, 17 Desember 2021 | 21:19 WIB
header img
Para pelaku UMKM lokal dilatih agar dapat menangkap peluang-peluang ekonomi baru. (Foto: Ali Masduki)

SITUBONDO, iNews.id - PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) atau PT PII, mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Situbondo naik kelas. 

Penjamin proyek Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi ini mengerahkan program tanggung jawab sosialnya (CSR) untuk mendampingi para pelaku UMKM agar siap menyambut peluang baru.

Program CSR Pembinaan UMKM Kota Situbondo tersebut mencakup pelatihan-pelatihan yang diperlukan oleh para pelaku UMKM. Diantaranya pelatihan tentang kewirausahaan, keamanan pangan dan standarisasi produk, tata kelola keuangan, tata kelola usaha dan produksi, kemasan, pemasaran dan distribusi. 

Selain itu, PT PII juga memilih 2 UMKM terbaik dari seluruh peserta untuk diberikan fasilitas paket packaging, termasuk paket logo design UMKM dan juga pemberian kemasan baru untuk produk UMKM tersebut.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi, mengatakan bahwa pembinaan UMKM tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat. 

"Pembinaan dan pendampingan harus dilakukan secara berkelanjutan, hingga UMKM dampingan dapat menjadi mandiri dan pada akhirnya dapat menopang perekonomian nasional," katanya. 

Sementara itu Direktur Utama PT PII, M. Wahid Sutopo, menjelaskan bahwa hakikat bisnis perusahaan tentu tidak terlepas dari dukungan masyarakat. 

Untuk itu, PT PII, melalui kegiatan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan berkomitmen senantiasa memberikan manfaat kepada masyarakat. Kata dia, salah satu tujuan utama dari Program CSR ini adalah melakukan Kegiatan Pembinaan terhadap kelompok UMKM Potensial, agar berubah menjadi Kelompok UMKM Naik Kelas berdasarkan roadmap pembinaan yang telah disiapkan.

“Diharapkan dengan adanya pembinaan UMKM secara berkelanjutan ini, pada saat proyek Jalan Tol Probolinggo - Banyuwangi rampung dikerjakan, para pelaku UMKM lokal telah dapat menangkap peluang-peluang ekonomi baru," terangnya.

Sebagai informasi, Program CSR PT PII ini sebelum pelaksanaannya telah berkoordinasi dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dan juga dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Situbondo dalam melakukan kurasi UMKM di Kabupaten Situbondo. 

PT PII berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah dalam menjalankan rencana aksi global yang dituangkan dalam Sustainable Development Goals (SGD). 

Program CSR Pembinaan UMKM PT PII ini merupakan salah satu program untuk mendukung SGD 17 melalui peran UMKM untuk dapat memperluas kesempatan kerja

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut