get app
inews
Aa Read Next : Jalan Utama Surabaya Macet, Konvoi Peringatan Hari Buruh May Day

Diberi Nama Risma, Gajah Berumur Dua Tahun Di KBS Mati

Jum'at, 17 Desember 2021 | 21:35 WIB
header img
Anak gajah bernama Dumbo yang ada di Kebun Binatang Surabaya (KBS) dikabarkan mati.

SURABAYA, iNews.id - Anak gajah bernama Dumbo yang ada di Kebun Binatang Surabaya (KBS) dikabarkan mati. Penyebab kematian gajah berumur dua tahun itu masih belum diketahui. 

Gajah yang diberi nama oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini saat masih menjadi Wali Kota Surabaya itu kini sudah tidak ada lagi. 

Direktur Utama KBS Chairul Anwar mengatakan, pihak KBS masih belum merilis secara resmi penyebab meninggalnya gajah yang lahir pada 22 Juli 2019 itu. "Ke Pak Agus Humas ya... atau nunggu rilis," jawabnya singkat saat dikonfirmasi melalui WhatsApp, Jumat (17/12/2021).

Dumbo merupakan anak kedua hasil perkawinan induk jantan bernama Doa dan induk betina bernama Lembang. Pemberian nama Dumbo, merupakan pemberian nama dari Menteri Sosial Tri Rismaharini yang merupakan nama pemberian sang cucu dari mantan Wali Kota Surabaya itu. "Saya kasih nama bayi gajah ini Dumbo, yang beri nama itu Gwen (cucu)," kata Risma saat itu.

Sementara itu, pemerhati satwa Surabaya Singky Soewadji menyayangkan kematian Dumbo. “Nyawa itu di tangan Tuhan, kematian anak Gajah bernama Dumbo di Kebun Binatang Surabaya (KBS) ternyata sudah beberapa waktu lalu (seminggu) berbarengan dengan orangutan juga mati," ujarnya.

Singky meminta agar kematian Dumbo diusut secara tuntas. "Apa penyebab matinya Dumbo anak gajah dan orangutan di KBS? Kenapa seluruh staf, medis dan petinggi di KBS tutup mulut dan menutupi kasus ini? Bisa dipidanakan lho," tuturnya. Singky menambahkan, jika gajah adalah satwa Appendix I yang dilindungi oleh undang-undang.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut