get app
inews
Aa Read Next : Gideon Suryatika Bebas dari Tahanan Polresta Malang, Pengacara Bilang Kasus Cacat Hukum

Hari Ini Jenderal Teddy Minahasa Diadili, Kuasa Hukum Siap Lawan Dakwaan Jaksa

Kamis, 02 Februari 2023 | 10:12 WIB
header img
Hari Ini Jenderal Teddy Minahasa Diadili, Kuasa Hukum Siap Lawan Dakwaan Jaksa yang akan dibacakan. Foto iNewsSurabaya/ali

SURABAYA iNewsSurabaya.id - Hari ini, Kamis 2 Februari 2023, kasus Teddy Minahasa memasuki babak baru. Mantan Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) itu akan diadili di Pengadilan Negeri Jakarta Barat dengan agenda pembacaan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Ronald Talaway, kuasa hukum jenderal bintang dua itu pun mengatakan siap melawan dakwaan dalam sidang perdana tersebut.

Ronald Talaway, salah satu tim kuasa hukum Terdakwa mengatakan pihaknya sangat keberatan dengan adanya persidangan yang mendudukkan Teddy Minahasa sebagai Terdakwa. 

"Menurut kami banyak hal yang dipaksakan secara sistematis, dakwaan pun akan kami uji melalui eksepsi yang akan kami sampaikan nanti," ujar Ronald, Kamis (2/2/2023) pagi.

Sebelumnya Ronald Talaway dari kantor hukum Pieter Talaway juga mengatakan perkara Jenderal Teddy Minahasa ini justru terjadi karena rencana penangkapan Linda alias Anita yang tidak dijalankan dengan baik oleh (mantan) Kapolres Bukit Tinggi.

“Jadi apa yang dilakukan oleh Jenderal TM ini murni untuk umpan penangkapan terhadap Linda, tapi malah skenario itu tidak dijalankan dengan baik oleh Kapolres Bukit Tinggi,” ujar Ronald.

Perlu diketahui, Mabes Polri menyampaikan Irjen Teddy Minahasa sudah tidak ditempatkan di tempat khusus lagi. Mulai hari ini Teddy Minahasa ditahan di Polda Metro Jaya terkait kasus narkoba yang kini menjeratnya.

Kapolres Bukittinggi AKBP Doddy Prawiranegara selaku mantan anak buah Teddy Minahasa menjalani sidang perdana pada Rabu (1/2/2023) kemarin. Sidang pembacaan dakwaan Doddy itu digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Barat dimulai pukul 13.00 WIB.

"Rabu 1 Februari 2023, sidang pertama," tulis SIPP Pengadilan Negeri Jakarta.

Selain Doddy, 5 tersangka lainnya yakni Kompol Kasranto, Aiptu Janto P. Situmorang, Linda Pujiastuti, Muhammad Nasir dan Syamsul Maarif juga menjalani persidangan kemarin.

Kasipidum Kejari Jakbar Sunarto mengatakan sidang tersebut bakal digelar secara tatap muka.

"Agenda pembacaan dakwaan secara offline (tatap muka) di PN Jakbar," kata Sunarto saat dikonfirmasi awak media, Selasa (31/1/2023).

Sidang dengan nomor perkara 96/Pid.Sus/2023/PN Jkt.Brt itu rencananya dilaksanakan di ruang sidang Utama Kusuma Atmadja sekira pukul 13.00 WIB.

Adapun pasal yang disangkakan kepada TM yakni Pasal 114 Ayat 2 sub Pasal 112 Ayat 2 Jo Pasal 132 Ayat 1 Jo Pasal 55 UU Nomor 35 Tahun 2009 dengan ancaman maksimal hukuman mati, seumur hidup dan penjara 20 tahun.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut