get app
inews
Aa Read Next : Calon Wali Kota Firhando Gumelar Siapkan Sejumlah Mitigasi untuk Reduksi Banjir di Kota Batu

UID Bali Campus Menginisiasi Diskusi White Paper, NCCC Untuk Pembangunan yang Berkeadilan

Rabu, 22 Februari 2023 | 16:55 WIB
header img
Ketua Umum Yayasan UID Tantowi Yahya, pada acara Diskusi Natural Capital, Communities, and Carbon White Paper pada tanggal 21 Februari 2023 di UID Bali Campus, Kura Kura Bali, Serangan, Bali. Foto/Istimewa

Menutup diskusi, Prof. Jatna Supriatna, Chairman of Research Center for Climate Change, Universitas Indonesia menekankan kembali bahwa arahan strategi Indonesia dalam mendorong keberlanjutan dan melindungi keanekaragaman hayati harus berbeda dengan negara-negara lain.

“Semua jargon-jargon seperti carbon credit, carbon trading, social capital, dan sebagainya harus lebih dibumikan dan dijabarkan secara lebih sederhana seperti yang dipaparkan di White Paper ini, agar bisa menjangkau masyarakat seperti petani atau nelayan, dan bukan hanya di tingkat pembuat kebijakan saja. Yang paling bisa memulai perubahan positif adalah masyarakat lokal yang selalu berada di lapangan," papar Prof. Jatna. 

"Selain itu, oleh karena budaya di suatu daerah di Indonesia bisa sangat berbeda dengan daerah lainnya, seperti Bali dan Papua, kekentalan tradisi adat dan hubungannya dengan alam bisa sangat berbeda, dan itu perlu diperhatikan ketika ingin mengadvokasikan prinsip seperti NCCC ke suatu daerah yang masih menganut erat adat tersebut," tutup papar Prof. Jatna.
 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut