get app
inews
Aa Read Next : Thailand Anggap Remeh Timnas Indonesia, Begini Ungkapan Nyeleneh Madam Pang

Bermain Imbang 0-0 Lawan Vietnam, Thailand Bertemu Indonesia di Partai Final

Minggu, 26 Desember 2021 | 21:44 WIB
header img
Laga big match Timnas Thailand vs Timnas Vietnam tersaji di Leg 2 Semifinal Piala AFF 2020. Kedua tim harus puas bermain dengan skor kacamata (0-0).(Foto : iNewsSurabaya/MNC Media)

SURABAYA, iNews.id - Laga big match antara Timnas Thailand vs Timnas Vietnam tersaji di Leg 2 Semifinal Piala AFF 2020. Kedua tim harus puas bermain dengan skor kacamata (0-0) sampai laga usai, Thailand di tunggu Timnas Indonesia dalam partai final.

Bermain di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (26-12-2021) Timnas Thailand berhasil menahan imbang timnas Vietnam dengan Skor 0-0. Vietnam yang membutuhkan kemenangan di leg 2 Semifinal untuk menjaga Asa melaju ke partai Final harus menerima pil pahit kala di tahan imbang Thailand dangan Skor 0-0. Walaupun lebih banyak mendominasi permainan namun timnas Vietnam gagal mencetak gol ke gawang Thailand, hal tersebut di karenakan Solidnya pertahanan Thailand yang di Motori Manuel Bihr.

Dengan hasil imbang tersebut membuat Thailand berhasil melaju ke babak Final Piala AFF 2020 dengan Agregat 2-0 atas timnas Vietnam. Leg 1 Thailand menang dengan skor 2-0 atas Vietnam. Thailand akan menghadapi Timnas Indonesia di babak final. Timnas Indonesia terlebih dahulu melaju ke babak Final, setelah mengalahkan tim tuan rumah Singapura dengan skor 4-2. Laga final rencananya akan di gelar dengan format 2 leg. Leg 1 Rabu (29-12-2021). Sedangkan leg 2 akan di gelar Sabtu (1-1-2022).

Babak pertama, Timnas Vietnam yang membutuhkan kemenangan pada lag leg 2 Langsung menekan pertahanan Thailand di menit-menit awal babak pertama. Beberapa peluang di ciptakan pemain Vietnam, namun kandas di barisan pertahanan Thailand. Memasuki menit ke-10 babak pertama Thailand berhasil keluar dari tekanan pemain Vietnam, laga berjalan semakin Seru dan Sengit. Kedua tim menampilkan jual beli serangan di pertengahan babak pertama.

Menit ke-22 peluang di dapat Vietnam melalui Ho Tan Tai, Namun Tendangannya melambung di atas mistar Thailand, yang di kawal Chatchai Budprom. Menit ke-28 Thailand harus kehilangan sang penjaga gawang Chatchai Budprom karena mengalami cedera saat menghalau bola untuk memotong serangan balik Vietnam. Chatchai Budprom di gantikan oleh Siwarak Tedsungnoen.

Menit ke-36  Vietnam kembali mendapat peluang melalui tendangan bebas Nguyen Quang Hai, namun sayang tendangan Quang Hai bisa di selamatkan oleh kiper Sirawak. Peluang emas di dapat Vietnam di menit ke-42 melalui Hồ Tấn Tài, Namun sayang Sundulan nya melenceng tipis di sisi kiri gawang Thailand memanfaatkan umpan sepak pojok Quang Hai.

Jelang pertandingan berakhir tepatnya di menit ke-45+5 Vietnam mendapat peluang emas melalui Nguyen Quang Hai. Namun sayang tendangan kaki kiri Quang Hai dari dalam kotak penalti melambung di atas Mistar gawang kiper Sirawak. Thailand membalas peluang di akhir babak pertama menit ke-45+6 melalui Theerathon Bunmathan. Namun tendangan keras kaki kiri Theerathon Bunmathan masih bisa di tepis kiper Vietnam, Tran Nguyen Manh. Sampai akhir babak pertama Skor kacamata (0-0) bertahan untuk kedua tim.

Babak kedua, Setelah turun minum Vietnam langsung menekan pertahanan Thailand untuk mencetak gol cepat di babak kedua. Menit ke-58 Vietnam mendapat peluang melalui tendangan bebas Nguyen Quang Hai. Tendangan kaki kiri Quang Hai  melengkung ke arah gawang Thailand, namun Sirawak berhasil menepis tendangan Quang Hai dengan gemilang. Menit ke-62 Vietnam kembali mendapat melalui Hoang Duc, namun tendangannya berhasil di tangkap Sirawak.

Memasuki pertengahan babak kedua Thailand mulai bangkit untuk keluar dari tekanan para pemain Vietnam. Thailand memainkan tempo permainan saat menguasai bola dengan umpan pendek dari kaki ke kaki dengan nyaman. Sampai menit ke-70 kedudukan masih sama kuat 0-0. 

Vietnam mencoba mendominasi permainan di sepuluh menit terakhir babak kedua untuk mencetak gol. Sedangkan Thailand lebih banyak memainkan tempo permainan saat menguasai bola. Bola lebih banyak berkutat di area lini tengah kedua tim. Duel-duel keraspun terjadi di lini tengah.

Sampai akhir babak kedua kedudukan tetap bertahan dengan skor akhir 0-0. Hasil tersebut membuat Timnas Thailand melaju ke babak Final menghadapi Timnas Indonesia yang lebih dulu melaju ke babak Final setelah mengalahkan tim tuan rumah Singapura dengan skor 4-2.

Susunan pemain

Thailand : Chatchai Budprom, Narubadin Weerawatnodom, Manuel Bihr, Kritsada Kaman, Theerathon Bunmathan, Thitiphan Puangjan, Phitiwat Sukjitthammakul, Sarach Yooyen, Chanathip Songkrasin, Teerasil Dangda, Pathompol Charoenrattanapirom.

Vietnam : Trần Nguyên Mạnh, Nguyễn Thành Chung, Hồ Tấn Tài, Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung, Nguyễn Hoàng Đức, Nguyen Quang Hai, Nguyen Phong Hong Duy, Ha Duc Chinh, Phan Văn Đức, Nguyễn Tiến Linh.

Penulis : Ambar Supriyanto

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut