get app
inews
Aa Read Next : Mengejutkan! Menantu Soekarwo Masuk Bursa Cawali Kota Surabaya, Siap Tandingi Eri Cahyadi

Risma Minta Eri Cahyadi Siapkan Tempat Penyaluran Bansos

Selasa, 28 Desember 2021 | 01:44 WIB
header img
Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini, menginginkan agar bantuan tambahan itu segera tersalurkan. (Foto: MPI)

SURABAYA, iNews.id - Penyaluran bantuan tambahan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) segera dibagikan kepada warga Surabaya yang berhak menerima manfaat.

Oleh karenanya Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya pun gerak cepat untuk menyiapkan tempat dan transportasi bagi penerima bantuan.

Adapun bantuan tambahan tersebut akan disalurkan kepada warga Surabaya yang masuk daftar penerima di Gelora Pancasila pada hari Selasa (28/12/2021) dan hari Rabu (29/12/2021).

Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini, menginginkan agar bantuan tambahan itu segera tersalurkan. Untuk itu, Risma meminta Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya untuk menyiapkan tempatnya beserta sarana & prasarananya.

“Saya harap agar sampai akhir tahun ini harus terealisasi semua. Maka saya minta Pak Wali Kota menyiapkan tempat agar bisa selesai dalam waktu dua hari ke depan,” ujar Risma saat meninjau penyaluran bantuan di Kelurahan Pakis, Surabaya, Senin (27/12/2021).

“Warga Surabaya penerima bantuan harus dipermudah agar segera bisa menerima bantuan dari pemerintah pusat. Termasuk untuk mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS),” ujar Risma.

“Orang tidak mampu itu juga membutuhkan biaya transportasi dan itu juga berat bagi mereka. Jadi saya minta langsung transaksi manual (tatap muka),” tuturnya.

Meskipun ada warga yang belum menerima KKS dan data warga itu belum tersinkronisasi dengan data dari Kemensos, untuk mempercepat penyaluran tersebut Risma minta bank tetap mencairkan bantuan.

“Kita dari Kemensos sudah melakukan penertiban data dan hasilnya diakui memang cukup banyak nama usulan baru yang belum memiliki KKS,” tuturnya.

Sejalan dengan itu EriCahyadi, Wali Kota Surabaya mengatakan bahwa pihaknya akan bergerak cepat memfasilitasi warga untuk mendapatkan bansos yang telah disediakan Kemensos.

“Bu Risma sudah sangat perhatian ke warga kurang mampu di Surabaya, maka Pemkot Surabaya akan bergerak cepat memudahkan warga dalam mendapatkan bantuan sesuai arahan Bu Risma,” kata Eri Cahyadi.

Beberapa langkah konkret sudah diambil oleh Eri Cahyadi untuk memfasilitasi penyaluran bansos tambahan dari Kemensos antara lain Pemkot Surabaya sudah menyediakan tempat untuk penyaluran bantuan tersbut.

“Pemusatan tempat untuk menyalurkan bantuan memudahkan semua pihak karena seluruh proses penyaluran dan administrasi bisa dilakukan secara langsung dan terintegrasi. Apabila timbul masalah di lapangan bisa langsung dicari solusinya,” kata Eri Cahyadi.

“Tempat pembagian bantuan untuk besok akan saya letakkan di Gelora Pancasila. Bantuan dari Bu Menteri harus bisa langsung terasa manfaatnya. Paling lambat hari Rabu sudah bisa tersalurkan semua,” tuturnya.

“Pemkot Surabaya juga akan memfasilitasi transportasi bagi warga penerima bantuan. Warga akan dikumpulkan di kelurahan masing-masing lalu berangkat bersama ke lokasi,” tuturnya.

“Saya sudah instruksikan camat dan lurah agar memfasilitasi warga yang mau datang ke Gelora Pancasila. Bisa memakai mobil atau naik bus,” tuturnya.

Selanjutnya Eri Cahyadi juga memfasilitasi semua proses sinkronisasi data penerima bantuan. Dia meminta timnya menyinkronkan data dengan segera.

“Pemkot bergerak sekuat tenaga agar proses verifikasi bisa berjalan cepat. Misalnya Himbara butuh bantuan untuk validasi, Pemkot siap mendukung penuh,” imbuhnya.

Untuk lokasi di Kelurahan Pakis, Eri Cahyadi tampak turun langsung membantu mempercepat pengelolaan data. Dia instruksikan masalah data segera dituntaskan.

“Itu lho Pak, datanya dilihat, itu langsung disambungkan,” ujar Eri kepada petugas Pemkot Surabaya.

Eri Cahyadi juga menelepon sejumlah camat untuk segera menyiapkan fasilitas transportasi yang memudahkan warga mengambil bantuan di tempat yang telah ditentukan berdasarkan undangan.

“Itu ada jamnya, nanti diatur biar tidak menumpuk dalam penyaluran bantuan besok di Gelora Pancasila,” tuturnya.

(Penulis : Oktavianto Prasongko)

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut