get app
inews
Aa Read Next : Danny Budiman Sabet Penghargaan Pengusaha Muda Inovatif, Satu Panggung dengan Tokoh Nasional

Jaga Tradisi, Pemkab Sumenep Gelar Karapan Kambing 

Sabtu, 11 Maret 2023 | 21:58 WIB
header img
Lomba Karapan Kambing ini memang menjadi ikon budaya di kabupaten Sumenep dan sangat menarik wisatawan. Foto/Sumenepkab

SUMENEP, iNewsSurabaya.id -  Wisatawan dari Jawa Timur yang ingin menyaksikan meriahnya lomba karapan kambing bisa datang ke Lapangan Tanjung Kecamatan Saronggi, kabupaten Sumenep pada Minggu (12/2/2023)

Acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep itu masuk dalam salah satu program kalender event 2023 yang bertajuk Masa Kejayaan Kabupaten Sumenep.

Kegiatan itu menjadi salah satu keunggulan budaya dan pariwisata yang ditawarkan oleh wilayah di ujung timur pulau madura tersebut. 

Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan, lomba Karapan Kambing ini memang menjadi ikon budaya di kabupaten Sumenep dan sangat menarik wisatawan dari daerah untuk berkunjung.

"Yang jelas, kami terus mendorong tumbuh kembang potensi budaya dan kearifan lokal agar mampu berdaya saing di era saat ini,” katanya pada Sabtu (11/3/2023).

Selain mengangkat potensi wisata, acara itu juga akan mendongkrak perekonomian di Sumenep. Terutama mendatangkan pemasukan bagi pelaku UMKM di wilayah itu.

“Kegiatan yang diadakan ini ada peningkatan ekonomi masyarakat sebagai efek domino kepada UMKM hingga Pedagang Kreatif Lapangan (PKL) untuk menambah pendapatannya,” tutur Fauzi.

Dia mengungkapkan, para pecinta karapan kambing agar melakukan pengembangan ternak kambing, mengingat hewan itu memiliki potensi dan prospeknya tidak kalah dengan karapan sapi.

“Saya menyampaikan terima kasih pada paguyuban kambing Sumenep yang komitmen dalam melestarikan budaya Kerapan kambing ke generasi muda dan masyarakat Kabupaten Sumenep,” pungkas Fauzi.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut