SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Selama Bulan Ramadan, di Indonesia banyak umat muslim yang mempersiapkan berbagai kebutuhan dalam menjankan indah di bulam suci ini.
Tokopedia melalui Ekhel Chandra Wijaya, selaku Kepala Departemen Corporate Affairs Tokopedia, mengatakan bahwa menurut temuan Tokopedia, selama Ramadan 2022 lalu terjadi kenaikan transaksi melalui kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB) yang meningkat lebih dari 1,5x lipat dibandingkan Ramadan 2021.
Data internal Tokopedia juga mencatat terjadi kenaikan transaksi produk hampers dan parsel sebesar 5x lipat selama bulan Ramadan 2022 dibandingkan bulan sebelumnya.
Berikut 3 Tips Persiapan di Ramadan ala Tokopedia
1. Persiapkan kesehatan untuk berpuasa
Agar dapat berpuasa dengan lancar, masyarakat bisa mulai menjaga kesehatan tubuh dari sekarang dengan rajin minum vitamin dan beristirahat yang cukup agar tetap sehat dan bugar selama Ramadan. Selain itu, penuhi nutrisi dengan tepat khususnya saat sahur dan berbuka puasa.
Tokopedia pun mencatat kategori produk Kesehatan, Rumah Tangga, Fesyen Pria, dan Makanan & Minuman menjadi kategori yang paling banyak dicari selama bulan Ramadan 2022.
2. Membuat list menu sahur dan berbuka
Persiapan menyambut bulan Ramadan yang lainnya adalah mempersiapkan menu sahur agar menjalankan ibadah bisa maksimal dengan santapan sahur dan berbuka puasa yang bergizi.
Masyarakat dapat memenuhi berbagai kebutuhan harian dengan mudah saat Ramadan 2023 melalui kampanye Ramadan Ekstra Tokopedia #LengkapiRamadan yang dihadirkan Tokopedia 20 Maret hingga 30 Maret 2023 dan puncak Ramadan Ekstra pada 4 dan 14 April 2023.
Masyarakat dapat menemukan berbagai produk mulai dari makanan dan minuman, fesyen, kecantikan, elektronik, rumah tangga hingga parsel lebaran dan perlengkapan ibadah dengan diskon hingga 90%, flash sale mulai dari Rp 1.000, live shopping mulai dari Rp 2.000 dan bebas ongkir.
3.Persiapkan perlengkapan ibadah
Hal penting lainnya yang perlu disiapkan adalah perlengkapan ibadah untuk meningkatkan amal ibadah selama berpuasa.
Ekhel menjelaskan, kebutuhan masyarakat akan perlengkapan ibadah juga meningkat seiring dengan menyambut Bulan Suci. Hal ini terlihat dari kenaikan transaksi subkategori perlengkapan ibadah di Tokopedia yang meningkat lebih dari 2x lipat selama bulan Ramadan 2022 dibandingkan bulan sebelum Ramadan.
"Sementara itu, menjelang puasa tahun 2023 perlengkapan ibadah, seperti tasbih digital, sajadah, rompi salat, mukena dan sarung merupakan sejumlah produk paling diburu,” ucap Ekhel.
Geliat UMKM Alif Modern Wear Sambut Bulan Suci dengan Berinovasi
Salah satu perlengkapan ibadah yang juga banyak dicari menjelang Ramadan adalah mukena. Alif Modern Wear, salah satu UMKM asal Bandung yang menjual produk fesyen muslim, terus berinovasi menghadirkan berbagai perlengkapan ibadah mulai dari mukena, hingga sajadah travel. Untuk melengkapi kebutuhan ibadah khususnya di bulan Ramadan, kami merilis koleksi motif Hanami yang menggunakan parasut premium Korea.
“Selain itu, kami juga berinovasi dengan merilis mukena couple ibu dan anak hingga hampers yang tampilannya lebih maksimal dibandingkan tahun sebelumnya. Kami berharap di bulan suci ini, Alif semakin lebih dikenal sebagai brand yang memenuhi kebutuhan ibadah saat kapan dan di manapun. Karena selain melengkapi alat sholat, niat beribadah juga jadi hal utama dalam menjalani keseharian, tak terkecuali saat berpuasa,” ucap Nurulliani selaku Brand Manager Alif Modern Wear.
Sebagai brand fesyen yang mengutamakan kelengkapan beribadah, Alif Modern Wear berhasil menyentuh pasar Indonesia di luar pulau Jawa. “Sejak berjualan di online di Tokopedia, kami berhasil menyentuh pasar di Aceh dan Makassar. Pembeli dari kedua daerah tersebut selalu membeli produk kami dalam jumlah yang tidak sedikit,” ucap Nurulliani.
Kesuksesan Alif Modern Wear berjualan online juga didorong oleh rutinnya menggunakan fitur di Tokopedia. Menurut Nurulliani, Alif kerap rutin memanfaatkan fitur TopAds dan kampanye WIB di Tokopedia untuk menyentuh pasar dari Sabang sampai Merauke.
“Kami juga memanfaatkan fitur Rilisan Spesial untuk mempromosikan produk terbaru serta meningkatkan penjualan bulan Ramadan. Selama berjualan online di Tokopedia, Alif berhasil memperoleh omzet hingga ratusan juta dengan total lebih dari 1000 produk yang terjual setiap bulannya,” tambah Nurulliani.
“Melihat tingginya animo belanja masyarakat jelang Ramadan 2023, Tokopedia dengan komitmen #SelaluAdaSelaluBisa akan terus menghadirkan beragam program dan inisiatif demi mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan harian di bulan suci Ramadan,” tutup Ekhel.
Editor : Ali Masduki