get app
inews
Aa Read Next : BPJS Ketenagakerjaan Dukung Armada Mudik Gratis dan Berikan Perlindungan Jaminan Sosial Pengawak Bus

Lewat Inovasi Bupati Kampung, Warga Kepulauan Sumenep Nikmati Mudik Gratis

Kamis, 13 April 2023 | 21:11 WIB
header img
Bupati Sumenep Achmad Fauzi. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SUMENEP, iNewsSurabaya.id - Ratusan warga kepulauan menikmati program mudik gratis menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Program ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, berdasar instruksi Bupati Achmad Fauzi.

Program mudik gratis ini masuk dalam salah satu inovasi Achmad Fauzi yang dijuluki ‘Bupati Kampung’.

Adapun rutenya melalui jalur laut dari Pelabuhan Kalianget, dengan tujuan sejumlah wilayah kepulauan. Kegiatan ini resmi dimulai pada Rabu (12/4).

Mudik gratis pertama ialah rute Kalianget-Pulau Masalembu-Pulau Karamaian. Kapal yang dipakai program mudik gratis Lebaran 2023 pada pelayaran kali ini ialah KM Sabuk Nusantara 92. Total penumpang yang memanfaatkan kapal mudik gratis ini sebanyak 430 orang.

Pemerintah Kabupaten Sumenep bekerja sama dengan KM Sabuk Nusantara 92, yang berlayar dari Pelabuhan Kalianget dengan Tujuan Masalembu.

Program mudik gratis kali ini disambut antusias ratusan pemudik tujuan Masalembu yang sudah menunggu di Pelabuhan Indonesia 3 Kalianget.

“Jumlah penumpang mudik gratis KM Sabuk Nusantara 92 sebanyak 430 penumpang dewasa dan 3 penumpang anak, mereka adalah penumpang tujuan Masalembu dan Masalima,” kata Achmad Fauzi.

Pada tahun 2023, Achmad Fauzi menyediakan program mudik gratis ke semua kepulauan yang dilayari kapal reguler seperti Masalembu, Sapeken, Kangean, Sepudi dan Ra’as.

Layanan mudik gratis melalui jalur laut dari Pelabuhan Kalianget ini merupakan program Pemkab Sumenep yang diadakan setiap tahun. Tujuannya untuk mempermudah masyarakat kepulauan yang ingin pulang kampung.

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk selalu memberikan pelayanan kepada masyarakat Sumenep, termasuk yang ada di kepulauan,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi.

Selain melalui jalur laut, tahun ini Pemkab Sumenep juga menyediakan program layanan mudik gratis melalui jalur darat. Yaitu dari Jakarta ke Sumenep untuk menyambut momen Lebaran 2023. Program mudik gratis rute Jakarta-Sumenep ini merupakan inisiatif Bupati Fauzi.

“Tahun ini, yang baru itu dari Jakarta ke Sumenep. Kami menyediakan rute ini karena warga Sumenep yang bekerja di Jakarta cukup banyak. Jadi mereka bisa mudik dengan bus gratis ke Sumenep,” jelas Achmad Fauzi.

Sementara itu, Didik, warga Kecamatan Arjasa Pulau Kangean, Sumenep menyampaikan terimakasih pada Bupati Sumenep yang melayani masyarakat dengan menyediakan mudik gratis.

"Pak Bupati Achmad Fauzi sangat peduli pada rakyat kecil, terutama warga yang tinggal di kepulauan," katanya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut