get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Kiai Kampung Rejo Semut Ireng Sragen Gelar Konsolidasi di PPTQ Kiai Abdul Jalil

Suami Artis Arumi Bachsin Nilai Kiai Miliki Peran Penting dalam Kemerdekaan, Ini Catatan Emil Dardak

Senin, 01 Mei 2023 | 21:01 WIB
header img
Suami artis Arumi Bachsin, juga Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak mencatat, kiai memiliki peran penting dalam sejarang bangsa Indonesia. Foto iNewsSurabaya/ist

NGANJUK, iNewsSurabaya.id – Suami artis Arumi Bachsin, juga Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak mencatat, kiai memiliki peran penting dalam sejarang bangsa Indonesia. Emil melihat, proses kemerdekaan yang terjadi di Indonesia tidak lepas dari peran kiai yang menggalang kemerdekaan RI.

Kondisi ini disampaikan Emil dalam acara silaturahmi bersama keluarga KH Fathurrahman Poleng sekaligus ziarah ke makam Kiai Haji Fathurrahman di Dusun Poleng, Desa Mojoduwur, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Minggu (30/4/2023). Menurutnya, eksistensi para kiai di Jawa Timur membawa pengaruh yang positif bagi sejarah bangsa Indonesia. Hal itu diperkuat dengan kehadiran Pondok Pesantren (Ponpes) sebagai wadah pendidikan untuk para santri dalam mengasah kemampuan spirtual serta disiplin ilmu lainnya.

"Jatim dapat dikatakan provinsi yang mensyukuri eksistensi para kiai yang mengiringi sejarah bangsa Indonesia. Dari eksistensi Kiai, ada Ponpes yang kemudian membentuk generasi penerus dari pewaris pendahulu kita," katanya.

Generasi penerus dari para Kiai, kata Wagub Emil, diwujudkan dalam bentuk pondok pesantren. Yang mana ponpes dibuat sebagai wadah pendidikan generasi penerus baik dari sisi keagamaan dan disipilin ilmu lainnya. Bahkan, dirinya menegaskan Ponpes merupakan lembaga atau institut yang masih relevan sampai saat ini untuk mencetak generasi muda yang mampu diandalkan.

"Ponpes tidak hanya membangun sisi kemanusiaan tetapi juga membangun pendidikan spiritual. Bahkan para santri juga belajar dan berprestasi tidak hanya di bidang spiritual tapi di bidang lainnya," tuturnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut