get app
inews
Aa Read Next : GIIAS Surabaya 2023, Hyundai Hadirkan Lini Mobilitas Terbarunya, Tawarkan Keuntungan Eksklusif

Hyundai Stargazer Dicuri, Jangan Kawatir Langsung Matikan Saja!

Rabu, 17 Mei 2023 | 02:06 WIB
header img
Hyundai Bluelink adalah teknologi konektivitas yang memungkinkan pemilik Hyundai Stargazer untuk terhubung dan memiliki akses penuh ke Stargazer mereka melalui smartphone. Foto/Hyundai

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Hyundai Stargazer hadir bukan sekedar untuk menjawab kebutuhan akan kendaraan nyaman dan elegan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain tampilannya futuristik, mobil keluarga ini juga menawarkan fitur-fitur canggih. Bahkan jika unit dicuri sekalipun, bisa dimatikan dari jarak jauh. Tentunya setelah si pemilik lapor ke call center, serta bisa menunjukkan persyaratan yang sudah ditentukan seperti surat kehilangan dari kepolisian.

Hal itu diungkapkan oleh Head of Service Planning & Strategy at PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Suprayetno, ketika bincang santai bersama media bertajuk “Optimalkan Traffic Artikelmu dengan Teknik SEO”, Selasa (16/5/2023).

Suprayetno menuturkan, fitur unik yang bisa menonaktifkan Hyundai Stargazer itu berupa fitur keamanan yang terdapat di dalam Hyundai Bluelink

"Kita sudah punya vendor telematik. Kita punya agensi khusus yang menaungi semua layanan yang ada di mobil kita. Dengan beberapa persyaratan, surat kepolisian dan lainnya, maka bisa kontak ke agen kita dan nanti melalui Whatshap kita bisa mematikan kendaraannya," tuturnya.


Hyundai Bluelink. Foto/Hyundai

 

Fitur-fitur Hyundai Bluelink sengaja disematkan guna mendukung keamanan, kenyamanan, serta aktivitas penggunanya serta memantau kondisi kendaraan sekaligus mengendalikannya dalam satu genggaman tangan. Hyundai Bluelink adalah teknologi konektivitas yang memungkinkan pemilik Hyundai Stargazer untuk terhubung dan memiliki akses penuh ke Stargazer mereka melalui smartphone. 

Fitur keamanan seperti Stolen Vehicle Notification & Stolen Vehicle Tracking yang beroperasi saat upaya pencurian kendaraan sedang terjadi dengan cara mengirimkan notifikasi ke smartphone pelanggan dan memungkinkan pengguna Hyundai Bluelink untuk mengidentifikasi posisi terkini dari mobil mereka. 

Fitur-fitur tersebut kemudian juga didukung oleh Stolen Vehicle Immobilization, yaitu layanan yang tersedia di Hyundai Bluelink agar pengguna dapat menghubungi Pusat Bantuan dan meminta mobil yang dicuri untuk segera diberhentikan pengoperasiannya sementara waktu.

Suprayetno meyakinkan bahwa PT Hyundai Motors Indonesia memberikan jaminan perlindungan kepada pemiliknya, baik dari sisi penumpang maupun dari sisi layanan. Dari sisi layanan ada kemudahan saat terjadi emergency atau kemudahan servis. Kemudahan servis ini bisa melalui aplikasi atau call center selam 24 jam. 

Dari sisi servis, Hyundai menyediakan layanan yang standar baik secara servis maupun body & paint. Baik secara complete identity maupun pelayanan. 

"Kalau servis dari Sabang sampai Merauke ada 103 jaringan. Jadi gak usah takut kalau kita ke Aceh, ke Pulau Jawa, atau ke Kalimantan sampai ke Papua ada jaringan servis," terangnya.

Jaringan Bengkel Resmi Hyundai tersebar luas di seluruh Indonesia dan akan terus bertambah. Bengkel resmi ini memiliki fasilitas dan peralatan berstandar global, teknisi tersertifikasi Hyundai yang terlatih dan berpengalaman.

Untuk layanan Body & Paint, Hyundai memiliki jaringan 30 jaringan di berbagai kota yang terstandar oleh Hyundai. Hal ini menjadi solusi untuk perbaikan bodi dan cat mobil Hyundai.

"Jadi gak usah takut punya Hyundai. Teknologinya bagus, fiturnya bagus, dan pelayanannya pun kita sudah buatkan jaringannya dari Sabang sampai Merauke," tegas Suprayetno.

Tidak berhenti disitu, Hyundai juga memiliki layanan Hyundai Datang ke Mana Saja. "Jadi kemana saja kita selalu di dukung baik secara mobile servis. Ini menjadi solusi bagi pemilik Hyundai yang malas bergerak, maka tinggal kontak ke bengkel atau call center. Kita free kan buat pemilik Hyundai yang berada di radius 20 km," paparnya.

"Biasanya kalau di brand lain masih ada biayanya, namun di Hyundai kita kasih layanan maksimal dan free," imbuhnya.

Suprayetno menjelaskan, Hyundai Mobile Service ini bisa dilakukan di rumah, kantor dan lokasi sesuai pilihan pelanggan. Terutama untuk perawatan berkala dan 17 jenis pengecekan dan perbaikan lain. 

"Ini gratis biaya kunjungan sejauh 20 KM dari Bengkel Resmi Hyundai untuk kendaraan dalam masa warray," jelasnya.

Kemudian ada layanan berupa Hyundai Pick-Up & Delivery Servis. Layanan ini gratis jemput dan antar mobil untuk servis dengan jarak maksimal 20 km dari Bengkel Resmi Hyundai di wilayah Jabodetabek.

"Di kita juga ada kebijakan nanti kedepannya semua bengkel akan dilengkapi dengan kendaraan Hyundai Mobile Service. Layanan kita standarkan di semua bengkel," ujar Suprayetno.

Ia mengungkapkan, jika sewaktu-waktu pengguna Hyundai terjebak ditengah jalan karena mobil mogok, ada pelayan towing atau derek Hyundai. Layanan ini cukup unik dan berbeda dari brand lain, yakni Yakni Hyundai Take Me Home.

Menariknya, mobil diantar ke bengkel dan penumpang diantar ke rumahnya. Tentunya yang paling terjangkau sekitar 80 km. 

Kemudian ada layanan RSA tambahan. Ini berupa penggantian ban, perbaikan ban EV, battery Jumper, hingga gratis 5 liter bensin untuk kendaraan yang kehabisan bensin.

"Ini kita berikan untuk semua konsumen selama masa garansi," ucap Suprayetno.

Bagi pengguna mobil listrik, ada layanan Hyundai Mobile Charging. Layanan ini berupa penambahan daya listrik Hyundai dalam kondisi darurat. Tersedia di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar dan Medan. Sedangkan Makassar akan menyusul.

"Tentunya ini kita berikan gratis. Kita bantu penambahan daya sampai dengan 10 kwh untuk mencapai stasiun pengisian daya terdekat. 1 kwh ini bisa menempuh sekitar 7 km, jadi 10 kwh sebetulnya sudah cukup," ujarnya.

Perlu diketahui, melalui Hyundai Bluelink, pemilik kendaraan dapat memantau kondisi kendaraannya dengan berbagai teknologi yang tersedia agar kendaraannya selalu dalam kondisi prima. 

Sebagaimana dikutip dari situs Hyundai, beberapa teknologi tersebut hadir dalam fitur Manual/Automatic Diagnostic Report yang secara otomatis akan melakukan diagnosa jika terjadi kejanggalan pada mobil, di mana fungsi yang sama juga dapat diterapkan secara manual.

Kemudian Driving Information and Vehicle Health Report menyediakan laporan bulanan atas berbagai aktivitas yang telah dilakukan mobil, dan Vehicle Status Check/Notification yang membantu menginformasikan kondisi perawatan mobil dalam bentuk notifikasi pada aplikasi.

Selain itu, pemilik mobil juga memiliki kendali penuh terhadap semua fitur mendasar seperti Remote Engine Start/Stop, Climate Control, Remote Door Lock/Unlock, Remote Horn & Light Control, dan mengetahui lokasi parkir mobil melalui Find My Car.

Sementara itu, Head Of Public Relations at HMID, Uria Simanjuntak menambahkan bahwa ada peningkatan pada lini produk Stargazer Active. Saat ini Stargazer hadir dengan Velg Allow 16 inci berukuran 6,5 x 16 inci. Roda 205/55R16 dan sudah menggunakan AC Double Blower.

Sedangkan warna masih sama dengan sebelumnya. Ada lima pilihan warna, mulai dari Magnetic Silver Metallic, Titan Grey Metallic, Dragon Red Pearl, Creamy White Pearl dan Midniht Black Pearl. Untuk harga, Stargazer Active MT ditawarkan Rp247.200.000 dan Stargazer Active IVT Rp260.000.000.

"Ini adalah harga On The Road Jakarta. Tentunya akan berbeda dengan harga-harga kota lainnya. Tapi yang jelas tidak ada perubahan. Masih tetap sama," tegasnya.

Bagi pembeli, Uria Simanjuntak mengatakan masih sama dengan varian lainnya yakni mendapatkan manfaat lebih Hyundai berupa Hyundai Owner Assurance Program. "Hyundai melalui Owner Assurance Program memberikan perlindungan ekstra bagi kendaraan dan juga pengguna Hyundai Stargazer. Jadi semakin tenang punya Hyundai," ujarnya.

Bintangnya Perlindungan ini memiliki lima sub program. Diantaranya Customer Protection Program, Payment Protection Program, New Car Replacement Guarantee, Resale Value Guarante, dan Tire Protection Program.

Hyundai Ungkap Jurus Kuasai Traffic Artikel

Hyundai ternyata juga peduli terhadap jurnalis tanah air. Di tengah persaingan industri media yang semakin ketat, terutama media online, Hyundai tidak melupakan eksistensi jurnalis. Sebagai mitra, HMID ingin artikel-artikel racikan awak media ini juara dilaman pencarian. Hal itu guna mendongkrak key performance indicator (KPI).

Untuk itu, Hyundai secara khusus mendatangkan Septi Riyani Maulida, SEO Manager IDN Times. Mengusung tema “Optimalkan Traffic Artikelmu dengan Teknik SEO”, Septi mengungkapkan jurus dalam menguasai traffick artikel dengan Search Engine Optimization (SEO).

SEO merupakan teknik yang digunakan untuk optimisasi suatu website dengan tujuan memudahkan mesin pencari untuk menemukan halaman atau website dan menempatkan di halaman pertama di mesin pencari dengan keyword yang ditentukan oleh user. Dengan begitu maka secara otomatis traffic website juga akan meningkat.

Dalam dunia website sendiri, traffic menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, terlebih jika website digunakan untuk kepentingan bisnis.

Menurut Septi, sebagus apapun karya yang dihasilkan jika tidak dibaca akan sia-sia. Sehingga pemahaman dan penguasaan tentang cara bagaimana meningkatkan traffic menjadi hal yang tidak bisa ditinggalkan. Sebagai jurnalis, kata dia, harus bisa membuat artikel yang SEO friendly.

"Artikel yang SEO friendly adalah artikel yang bisa dibaca google dan manusia," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini Septi memaparkan beberapa tips atau rahasia dalam membuat artikel yang SEO friendly. Menurut dia, setidaknya ada 7 elemen dalam membuat artikel yang SEO friendly yang bisa diterapkan, sehingga pembacanya meningkat tajam.

Pertama adalah optimasi URL. Secara garis besar, URL merupakan alamat web lengkap yang mengarahkan ke salah satu halaman dalam situs tersebut. URL berisi nama domain dan komponen lain untuk menemukan halaman atau konten tertentu.

Septi mengatakan, dalam menulis URL supaya menghindari angka dan simbol. Misal menulis angka, maka tulisan angka tidak perlu ditulis dan URL.

"Terus URL nya harus lebih simpel dan lebih menarik. Masukin target keyword nya dan hanya gunakan lowercase. Jadi huruf kecil semua, jangan huruf besar lalu kecil. Itu tidak disukai sama google," ungkapnya.

Tips artikel yang SEO friendly yang kedua adalah optimasi meta title. Meta title yang baik menurut Septi harus mengandung keyword. Maksimal 70 karakter agar tampilan tidak terpotong dan harus relevan dan menarik.

Selanjutnya optimasi meta description. Disini harus mengandung keyword dan maksimal 160 karakter agar tampilan tidak terpotong. Meta description juga harus relevan dan menarik.

"Letakkan keyword atau kata kunci paling depan, baik di meta title dan description," ucapnya.

Tips ke 4 adalah optimasi heading. Septi menjelaskan, tips ini digunakan untuk mempermudah user dan google membaca artikel yang dipublish. Dimana antara judul dan sub judul diurutkan berdasarkan kepentingan. 

"Manfaat heading yaitu untuk menentukan struktur konten di halaman wesite, serta mempermudah audience dan google untuk membaca konten kita," ungkapnya.

Septi mencontohkan, jika keywordnya interior Hyundai Stargazer, maka di bagian judul maupun sub judul harus ada keywordnya juga. 

"Tapi keyword dalam satu artikel jangan terlalu banyak, karena gak nyaman dibaca. Kita biasa saja nulisnya dengan menulis keywordnya di bagian-bagian tertentu," tuturnya.

Tips ke 4 yaitu optimasi image. Septi menegaskan bahwa semua gambar yang ada dihalaman website berfungsi untuk memperjelas dan membuat konten lebih menarik untuk dibaca. Namun image juga bisa mengatrol traffic. Caranya, gambar atau foto yang akan dipakai diedit terlebih dulu. Size dikecilkan dengan tetap mempertimbangkan kualitasnya.

Kemudian masukkan kata kunci di file name. Misal interior-hyundai-stargazer.jpg. Image description ditulis menjelaskan isi gambar.

"Biasanya habis download dari Whatshap udah gitu kan, nah itu kurang. Jadi bisa optimasi imagesnya agar bisa mucul di google images. Sehingga bisa dapet traffic dari situ," jelas Septi.

Langkah ke 5 dengan optimasi video. Penulis bisa menambahkan video pada sebuah konten. Hal ini bisa meningkatkan engagement dan session duration pada sebuah halaman. Jika kawatir lemot, bisa menggunakan trik dengan apload video ke youtube atau platform lain. 

"Kemudian embed ke dalam website kita jika server atau hosting tidak bisa menampung video," tuturnya.

Tips artikel yang SEO friendly yang terakhir adalah intenal link. Yaitu dengan memberikan artikel pada website yang sama. Intenal link mempermudah audience maupun Google untuk menjelajahi sebuah website.

"Ini penting banget. Selain mempermudah user untuk menjelajah dari satu artikel ke artikel lain, ini juga memberikan kode ke Google bahwa artikel di website kita gak cuma satu tapi banyak," paparnya.

Selain 7 tips, Septi Riyani Maulida juga membagikan pro tips untuk membuat artikel SEO friendly. Di antaranya dengan memberikan informasi selengkap mungkin untuk menjawab kebutuhan user dan membuat artiket secara listicle.

"Yang paling penting adalah selalu posisikan diri sebagau user. Apa yang biasanya dicari user mengenai produk tertentu, jenis artikel apa yang disukai user. Dan yang terakhir teman-teman bisa aplikasikan tadi ya, 7 tips mengoptimalkan artikel agar lebih SEO friendly," tutupnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut