get app
inews
Aa Read Next : Pantai Slopeng Sumenep, Surga Tersembunyi di Ujung Timur Pulau Madura, Wisatawan Wajib Tahu!

Percepat Reaktivasi Rel KA di Madura, Bupati Fauzi Tinjau RTRW Sumenep

Rabu, 24 Mei 2023 | 22:54 WIB
header img
Bupati Fauzi menjelaskan, reaktivasi jalur kereta dari Bangkalan ke Sumenep merupakan aspirasi masyarakat Madura. Foto: MNC Portal/Lukman

SUMENEP, iNewsSurabaya.id - Bupati Sumenep Achmad Fauzi meninjau kembali Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) di wilayahnya untuk mempercepat upaya reaktivasi jalur kereta api di Pulau Madura.

Langkah itu sebagai bukti bahwa Pemkab Sumenep serius mengawal reaktivasi jalur kereta untuk membangkitkan perekonomian di wilayah Madura.

Hal itu dikatakan bupati Fauzi saat berdialog dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta. 

Bupati Fauzi menjelaskan, reaktivasi jalur kereta dari Bangkalan ke Sumenep merupakan aspirasi masyarakat Madura. Warga berharap agar sector transportasi di wilayahnya bisa dipermudah, dengan adanya kebijakan tersebut.
 
Dia menambahkan terkait keberadaan lahan bekas lintasan yang telah beralih fungsi, pihaknya juga langsung merespons untuk ditangani.

"Setelah bertemu Menteri Perhubungan, kami langsung me-review RTRW demi mendukung upaya percepatan reaktivasi kereta Madura," kata Fauzi dalam keterangan tertulis, Rabu (24/5/2023).

Fauzi menjelaskan, dari pertemuan dengan Kementerian Perhubungan, langkah-langkah untuk melakukan percepatan reaktivasi rel kereta itu akan terus dijalankan. Menurut dia, Pemkab Sumenep akan mendukung kebijakan itu agar bisa segera direalisasikan. 

"Jadi, kapan pun pemerintah pusat Ingin memulai reaktivasi kereta, kita sudah siap membantu. Karenanya, review RTRW ini jadi bagian dari bentuk dukungan kita untuk membantu pemerintah pusat," ujarnya.

Diketahui, dalam pertemuannya dengan Budi Karya,tersebut, Fauzi bukan hanya membawa usulan reaktivasi kereta api di Pulau Madura, tetapi juga membawa aspirasi soal pengembangan moda transportasi lain seperti pengembangan Bandara Trunojoyo dan penambahan armada kapal untuk menjangkau wilayah kepulauan.

"Alhamdulillah respons Pak Menteri semuanya positif. Insyaallah apa yang menjadi keinginan masyarakat Madura, bisa segera terealisasi," ucapnya.

Fauzi kembali mengingatkan reaktivasi kereta Madura merupakan amanat dari Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2019. Karena itu, realisasi aturan tersebut harus terus disuarakan.

Sementara itu, Budi Karya mengatakan membantu masyarakat di Pulau Madura, termasuk Sumenep merupakan salah satu tugas yang telah diamanatkan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Kami akan bantu membangun fasilitas untuk menunjang angkutan massal dan komersil di Pulau Madura. Memang membutuhkan waktu, tapi kami tidak akan menyerah dan siap bekerja secara maksimal. Madura ini harus dibangkitkan dengan aksesibilitas yang lebih masal, karena punya potensi besar," pungkas Budi.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut