get app
inews
Aa Read Next : Lapas dan Rutan Terbaik Indonesia Ternyata Ada di Jawa Timur, Mana Saja?

Hati-Hati, Sepekan Cuaca Ekstrim Menerjang Jawa Timur

Minggu, 09 Januari 2022 | 19:27 WIB
header img
Cuaca ekstrem, hujan deras serta angin kencang diprediksi terjadi di beberapa wilayah di Indonesia dalam sepekan(ilistrasi cuaca ekstrim/tangkap layar)

SURABAYA, iNews.id - Cuaca ekstrem, hujan deras serta angin kencang diprediksi terjadi di beberapa wilayah di Indonesia dalam sepekan kedepan. Salah satu daerah yang terkena imbas cuaca ekstrim adalah Jawa Timur.

Prediksi ini dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.Masyarakat diminta untuk waspada dengan bahya bencana hidrometorologi diantaranya banjir, banir bandang, angin kencang hingga puting beliung serta tanah longsor pada cuaca ekstrem yang diperkiran terjadi pada 9-15 Januari 2022 mendatang.

"BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode sepekan ke depan," ujar BMKG dalam siaran persnya.

Dalam prakiraanya, cuaca ekstrim terjadi di Jawa Timur, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimatan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Barat, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, serta Jawa Tengah.

Cuaca ekstrem ini dipicu dari dinamika atmosfer, diidentifikasi adanya potensi sirkulasi siklonik di selatan Jawa dan Australia bagian utara yang dapat membentuk pola pertemuan massa udara dan belokan angin di wilayah Indonesia terutama di bagian selatan ekuator yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah.

Masyarakat diimbau waspada namun tidak panik serta mencari informasi dari sumber yang berkopenten atau laman resmi BMKG Indonesia.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut