get app
inews
Aa Read Next : Pengalaman Unik Magang di Ilmu Komunikasi Untag Surabaya, Bisa Akses Dosen hingga Acara Penting!

Tips Diterima Kerja Padahal Belum Wisuda, Lulus Cumlaude 3,5 Tahun

Minggu, 04 Juni 2023 | 10:25 WIB
header img
Rony Rembo Prasetyo, wisudawan Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya). Foto/UM Surabaya

SURABAYA, iNewsSurabaya.id -  M. Rony Rembo Prasetyo, satu diantara wisudawan Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) menjadi wisudawan yang berhasil mematahkan nyanyian Iwan Fals "Sarjana Muda". Pasalnya, mahasiswa Fakultas Teknik Prodi Teknik Perkapalan ini sudah diterima kerja sebelum ia menjalani wisuda. Bahkan, mahasiswa angkatan 2019 tersebut berhasil lulus cepat 3,5 tahun dengan IPK cumlaude yakni 3,72.

Kisah Wisudawan asal Kecamatan Sukodadi Lamongan cukup menarik. Rony ternyata sempat berhenti 1 tahun setelah lulus SMK Negeri 2 Lamongan lantaran suatu hal. Namun setelah 1 tahun kemudian Rembo berhasil di terima di UM Surabaya jurusan teknik perkapalan. 

Tidak hanya menjadi mahasiswa biasa-biasa saja, rupanya selain aktif di organisasi kampus sebagai Wakil Ketua Hima, Rembo juga menjadi ketua tim dalam kontes kapal cepat tak berawak nasional. Dia bahkan sempat menjadi finalis di ajang bergengsi tersebut. 

Kala itu Rembo dan tim mengikuti kategori lomba pembuatan dan performa prototype kapal cepat listrik dengan sistem kendali jauh (Electric Remote Control/ERC) dengan misi menghancurkan pertahanan udara.

Saat menyelesaikan tugas akhir Rembo mengambil judul penelitian “Analisis Pengaruh Variasi Radius Bilga terhadap Resisten dan Efisiensi Bahan Bakar Kapal Ro_Ro”

Di balik kemudahan yang dialami oleh Rembo hingga hari ini, ia mengaku jika sebelum lulus ia sudah memasukkan beberapa lamaran di beberapa perusahaan, namun belum diterima. 

Rony mengaku, saat setelah mengikuti yudisium ada satu panggilan dari PT Dok Pantai Lamongan, ia dipanggil untuk mengikuti wawancara. Dari situlah akhirnya Rembo diterima dan bekerja di bagian logistic yang berfokus pada SOP perusahaan pembelian material dari kapal kapal. 

Saat ditanya mengenai tips agar bisa lulus cepat dan diterima bekerja lebih awal, Rembo menuturkan bahwa menjadi mahasiswa harus merencanakan segala sesuatu dari awal. 

Ia juga menekankan agar bisa lulus dengan cepat dengan nilai yang baik yakni dengan tidak menunda-nunda tugas yang diberikan, itu juga salah satu kunci agar Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) cumlaude.

“Jadi saya selalu mengambil 24 SKS dalam tiap semester, dan tentu itu saya imbangi dengan aktifitas belajar yang konsisten,” ujarnya usai wisuda UM Surabaya, Jumat (2/6/23)

Rembo pun membagikan tips diterima kerja sebelum wisuda. Menurutnya yang pertama adalah menjadi mahasiswa hendaknya aktif dalam organisasi baik Hima ataupun di luar Hima, hal ini penting dalam menambah wawasan, kemampuan berkomunikasi hingga menambah relasi.

Kedua selalu responsive dalam kegiatan akademik, tidak menunda pekerjaan dan memiliki keingintahuan yang tinggi dalam keilmuan yang didalami.

Ketiga, manfaatkan kesempatan non akademik seperti lomba-lomba, baik di tingkat regional, nasional hingga internasional untuk menambah portofolio.

Terakhir, selalu berusaha, berdoa dan meminta restu pada orang tua pada tiap-tiap yang akan kita lakukan. 

“Saya selalu memegang teguh kalimat ini Man Jadda Wajada yang artinya barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil,” pungkas Rembo.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut