get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Tingkatkan Kualitas Siswa Produksi Film, SMEKDOR’S Kirim Anak Didik Magang di Studio Profesional

Rabu, 07 Juni 2023 | 12:55 WIB
header img
SMK Dr. Soetomo Surabaya (SMEKDOR'S) Jurusan Produksi Film terus berupaya mengembangkan potensi siswanya untuk memproduksi film yang berkualitas. Foto iNewsSurabaya/saipul

SURABAYA, iNewsSurabaya.id -  Perkembangan industri  film Indonesia semakin pesat. SMK Dr. Soetomo Surabaya (SMEKDOR'S) Jurusan Produksi Film terus berupaya mengembangkan potensi siswanya untuk memproduksi film yang berkualitas.

Kepala Sekolah SMK Dr. Soetomo Surabaya, Juliantono Hadi mengatakan, sekolah ini telah melahirkan banyak siswa berbakat yang siap terjun ke industri perfilman tanah air. Salah satu kegiatan unggulan dari sekolah ini adalah program magang berupa memproduksi film panjang yang diadakan setiap tahun sejak 2018.

“Tahun ini, program magang produksi film panjang tahun ini melibatkan 100% siswa Jurusan Produksi Film. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana magang produksi film selalu bekerja sama dengan production house dan pekerja film profesional lainnya,” katanya.

Pria yang kerab disapa Abah Anton ini menyebutkan,seperti pada tahun-tahun sebelumnya program magang ini akan menjadi pengalaman praktis bagi siswa dalam memproduksi dan mempelajari industri film sebenarnya. Di mana produksi 100% siswa ini tetap didampingi para mentor profesional di tiap departemen: Penulisan skenario, Sound, Kamera, Artistik, dan Penyutradaraan, juga Post production.

Setelah menjalani proses produksi yang dimulai pada bulan Februari-Maret 2023, magang post produksi dilanjutkan di Super 8 mm Studio, sebuah studio post-production terbesar di Indonesia.  Dengan pendampingan oleh para ahli di Super 8 mm, magang ini memberikan kesempatan langka bagi siswa SMEKDOR'S untuk merasakan suasana kerja di dunia nyata dan memperdalam pengetahuan di bidang post production.

 “Tujuan dari program magang ini adalah meningkatkan kualitas pendidikan dan persiapan karir siswa SMEKDOR'S. Melalui pengalaman langsung di Super 8 mm ini, siswa dapat mengasah keterampilan mereka dalam editing, pengolahan warna, juga efek visual. Mereka juga dapat belajar bagaimana proses post production berlangsung di industri film professional,” ujarnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut