get app
inews
Aa Read Next : Pacu Semangat Sebelun KKN, UMAHA Adakan Konser Simafest Dengan Bintang Tamu DJ

KKN di Kebangsren Surabaya, Mahasiswa UWKS Bantu Warga Maksimalkan Budidaya Ikan Lele

Kamis, 08 Juni 2023 | 11:54 WIB
header img
Kelompok KKN B2 Ekonomi Pembangunan, KKN di RT 06, RW 03 Kebangsren, Kelurahan Genteng, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur. Foto/UWKS

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) yang tergabung dalam Kelompok KKN B2 Ekonomi Pembangunan, melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di RT 06, RW 03 Kebangsren, Kelurahan Genteng, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur. 

Selama KKN, sejak 25 Maret 2023 hingga 25 Juni 2023, mahasiswa lintas fakultas dan prodi yang berjumlah 23 orang dan di bawah bimbingan salah satu dosen dari Fakultas Hukum, Dr. R Besse Kartoningrat, S.H., M.H. ini menemukan potensi lokal yang bernilai ekonomi. 

Yusr Irfan Mahendra Sigit dari Kelompok KKN B2 Ekonomi Pembangunan mengatakan, kampung Kebangsren ini memiliki berbagai macam sumber daya, salah satunya yaitu adanya kolam ikan yang bisa dimanfaatkan untuk tempat pembudidayaan.

Melihat potensi yang ada, maka Kelompok KKN B2 Ekonomi Pembangunan mengusung tema “Pengembangan dan Pemanfaatan Saintek Menuju Kewirausahaan Berwawasan Lingkungan Berorientasi Masyarakat Unggulan”. 

"Tema ini menitikberatkan tentang cara memberdayakan masyarakat. Sehingga sadar akan sumber daya alam yang melimpah, serta sumber daya manusia yang berkualitas untuk meningkatkan taraf hidup, khususnya dapat memiliki keunggulan dalam bidang sains dan teknologi (Saintek) dan kewirausahaan," terangnya. 
                                                                                                                           
Irfan menjelaskan, mahasiswa KKN B2 Ekonomi Pembangunan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya merancang program khusus warga Kebangsren. 

Diantaranya, perbaikan kolam ikan sebagai tempat budidaya ikan lele, pembibitan benih ikan lele, pembuatan nugget lele hasil dari budidaya ikan lele, pembuatan lilin aromaterapi, serta penyuluhan dengan materi pembudidayaan lele dan pengajuan branding/merek

"Dengan adanya program KKN ini maka diharapkan dapat membantu pemerintah kota Surabaya khususnya RT.06, RW. 03 Kebangsren dalam meningkatkan pendapatan masyarakatnya," ujarnya.

Adapun untuk kondisi manajemen usaha mikro, kecil dan menengah diharapkan bisa sesuai dengan konsep pengelolan manajemen usaha yang baik dan benar, agar terjaminnya kelangsungan usaha.

Seluruh program kerja yang direncanakan mahasiswa KKN B2 Ekonomi Pembangunan dapat dilaksanakan dengan baik dan berjalan dengan lancar. 

Hal ini berkat dukungan dari seluruh anggota masyarakat Kampung Kebangsren yang dengan penuh semangat, serta antusias yang tinggi. Tim KKN berharap, program yang dilaksanakan benar-benar bermanfaat dan dapat dirasakan tujuannya oleh kelompok masyarakat sasaran.

 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut