get app
inews
Aa Read Next : Hari Peduli Sampah Nasional, SMA St Carolus Surabaya Latih Siswa Produksi Eco Enzyme

Mahasiswa Unitomo Ajari Anak SD Cara Mencegah Bencana

Minggu, 18 Juni 2023 | 07:28 WIB
header img
Peserta KKN Unitomo mengajari anak SD cara mencegah bencana, di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ketegan 1 Taman, Sidoarjo, Jawa Timur. Foto/Tim KKN

SIDOARJO, iNewsSurabaya.id - Mahasiswa Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya mengajari anak SD cara mencegah bencana. Kegiatan yang merupakan rangkaian program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 1 ini dipusatkan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ketegan 1 Taman, Sidoarjo, Jawa Timur.

Banyak hal yang diajarkan oleh mahasiswa kepada peserta didik SDN 1 Taman. Salah satunya yakni tentang kesadaran menjaga lingkungan sekitar. 

Raffi, Koordinator KKN Kelompok 1 menuturkan bahwa persoalan lingkungan masih menjadi pekerjaan bersama. Meskipun sudah terbukti menjadi penyebab terjadinya bencana alam, sebagian besar masyarakat Indonesia belum juga sadar. Mereka masih saja acuh terhadap lingkungan sekitar dengan membuang sampah sembarangan. 

Perilaku tersebut, kata Raffi, dapat menyebabkan banjir jika datang musim hujan karena aliran sungai tersumbat.

"Untuk itulah kami membangun kesadaran lingkungan sejak dini, terutama kepada anak-anak SD," tuturnya.

Selain memberikan wawasan penanggulangan bencana, mahasiswa dari berbagai jurusan ini juga memotivasi supaya peserta didik SDN 1 Taman ini berani tampil.

Anak-anak SD itu ditantang untuk menunjukkan bakat mereka. Tarian kreasi dari bocah-bocah SD menjadi sajian yang cukup menggembirakan.

"Memang dalam kegiatan KKN ini kami buat seru untuk kegiatannya, agar anak-anak semangat untuk mengikutinya. Selain itu kami juga berikan bebarapa hadiah dan snack untuk anak-anak agar tetap semangat untuk menjaga kebersihan yang ada di lingkungan nya," ujar Raffi.

Untuk diketahui, KKN Tematik di SDN Ketegan 1 Sidoarjo ini dilaksanakan setiap akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu selama 1 bulan. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut